Jumat, 29 September 2017

Tentara Manunggal Membangun Kabupaten PALI 2017

    Jumat, September 29, 2017   No comments


PALI-SUMSEL, SriwijayaAktual.com - Upaya mendorong percepatan pembangunan daerah Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI), Kodim 0404  Muara Enim melaksanakan Upacara pembukaan TNI Manunggal  Membangun Desa ( TMMD)  Tahun Anggaran 2017, di Gelora 10 November, Komplek Pertamina Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, dipimpin sebagai inspektur upacara Wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony S.kom MM dan  buka langsung oleh Komadan Kodim 0404 Letkol Infantri Letkol (Inf) Teady Aulia Mulauji SE,  dihadiri Organisasai Perangkat Daerah (OPD) Kab,PALI, diikuti peserta upacara Instansi Polri, Security, Pelajar, serta anggota Pramuka, dan sejumlah organisasi lainnya, Rabu (27/9/2017).  

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0404 Muara Enim, PALI, dan Prabumulih, Letkol (Inf) Teady Aulia Mulauji SE didampingi Koramil Pendopo 0404 03 Kapten Inf. Mulyadi, mengatakan kegiatan TMMD ini  merupakan kegiatan  program nasional TNI dalam ikut mempercepat pembangunan di daerah dan kegiatan ini  dilakukan dua tahun sekali, namun  apabila diperlukan pemerintahan setempat,  biasanya TMMD dilakukan setiap tahun sekali.

Untuk membantu  mempercepat pembangunan daerah,  anggaran TMMD ini mencapai Rp3 miliar yang digunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik..  Adapun pembangunan fisik yang telah dilakukan yakni pelebaran jalan sepanjang 5 kilometer dengan lebar 10 meter, pembangunan gorong-gorong 2 unit, bat cover (jembatan) 2 unit, pembuatan dan perehapan musolah 2 unit, bedah rumah 3 unit, MCK 4 unit dan Sumur bor 2 unit,” ungkapnya. 

"Sedangkan pembangunan non fisik, yakni kegiatan penyuluhan, seperti bahaya narkoba, kesadaran kebangsaan, pertanian dan pendidikan, bakti sosial, seperti pembagian sembako, pasar murah, donor darah, sunatan masal dan kegiatan lainnya. 

Target sasaran TMMD sendiri adalah membangun masyarakat, dan untuk mengembalikan budaya masyarakat yang dulu, yaitu gotong royong serta mengajak masyarakat untuk membangun daerahnya masing-masing. “Untuk pengerjaan TMMD sendiri sifatnya kebersamaan atau gotong royong, baik itu anggota TNI maupun masyarakat setempat, anggaran 3 Milyar ini bersumber dari potongan gaji anggota TNI sekitar 10 persen saja, dari 3 wilayah diantaranya kabupaten Muara Enim, Kota Prabumulih, dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), “ tuturnya. 

Sementara itu, , Wakil Bupati  PALI,  Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM, memberikan apresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0404, yang telah membantu program pemerintah, dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat, program TMMD juga langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya. 

“Kegiatan ini juga sangat luar biasa, dan berharap  tahun depan kegiatan ini dapat dilakukan lagi di kabupaten yang kita cintai ini, sehingga dengan program ini juga dapat mengembalikan dan menumbuhkan kembali  budaya masyarakat yang dulu yakni  gotong royong, bekerja sama dengan baik untuk  membangun daerah."Tandasnya. (***) 


About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner