Jumat, 15 September 2017

Wapres H. Jusuf Kalla akan Pimpin Delegasi Indonesia dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York

    Jumat, September 15, 2017   No comments

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dok)
JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Wakil Presiden H. Jusuf Kalla akan memimpin delegasi Indonesia dalam sidang majelis umum Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-72. Sidang tahunan tersebut akan berlangsung di markas PBB di kota New York, Amerika Serikat (AS), pada 18 September sampai dengan 25 September 2017.

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Armanatha Nasir atau yang akrab disapa Tata menyatakan, Wapres Jusuf Kalla akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko Kesra) RI, Puan Maharani dan Menteri Luar (Menlu) Negeri, Retno Marsudi. Sidang majelis umum PBB sendiri terdiri dari ratusan pertemuan dan kegiatan.

Delegasi Pemerintah Indonesia rencananya akan menghadiri sekira 200 pertemuan. Khusus untuk Menlu Retno direncanakan akan melakukan 70 pertemuan bilateral dan 20 pertemuan resmi. Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla akan menghadiri 10 pertemuan resmi di luar pertemuan bilateral. Namun, Tata menegaskan, bahwa jumlah pertemuan yang akan dihadiri delegasi Indonesia masih mungkin akan bertambah.

"Jumlah pertemuan tersebut masih bisa berkembang apabila memang ada pertemuan-pertemuan lain yang perlu dihadiri wakil presiden," ujar Tata di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Tata menyebut, beberapa isu yang menjadi perhatian Indonesia dalam sidang ke-72 kali ini yaitu terkait perdamaian dan keamanan internasional; pembangunan keberlanjutan, kemajuan hak asasi manusia (HAM) dan mengenai reformasi PBB.

Sementara itu, CBS News melansir, bahwa pembukaan resmi sidang majelis umum PBB akan diawali dengan debat umum yang digelar pada 19 September. Debat umum yang juga disebut dengan general debate ini akan diikuti sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan di antaranya yaitu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu; Presiden Palestina, Mahmoud Abbas serta Presiden Iran, Hassan Rouhani.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump juga dijadwalkan menyampaikan pidato dalam rangkaian Sidang Umum PBB tersebut. Tak hanya Trump, Presiden Prancis, Emmanuel Macron juga akan berbicara.
(rav/okz)

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner