Sabtu, 21 Oktober 2017

Sisi Tersembunyi Dinas Rahasia Pengawal Presiden AS?

    Sabtu, Oktober 21, 2017   No comments


Pengamanan Secret service pada Donald Trump./politico.com


SriwijayaAktual.com - Apabila saat ini Anda sedang melihat Presiden Amerika Serikat maka Anda juga sedang melihat Dinas Rahasia AS yang terkenal itu. Dinas rahasia ini memiliki peran untuk selalu siap melayani dan melindungi Presiden.

Selain melindungi presiden dan keluarganya, mereka juga berkewajiban untuk melindungi mantan Presiden, dan keluarganya serta tamu Presiden. Ini mirip dengan pasukan pengamanan Presiden, yang ada di Indonesia.
 
Dilansir situs pemerintah Amerika Serikat share.america.gov, Dinas Rahasia ini memiliki sekitar 6.500 petugas yang bersiap mengawal Presiden kapan pun dan dimana pun. Bahkan selain menjadi pengawal, agen rahasia ini juga bertugas menyelidiki kejahatan terhadap infrastuktur keuangan AS dan termasuk kejahatan dunia maya.

Selain itu ada beberapa fakta menarik mengenai tugas dan peranan dari Dinas Rahasia ini:

1. Awalnya Tidak Dibentuk untuk Menjaga Presiden
Didirikan pada 1865, lembaga ini berfungsi sebagai pembantu di Departemen Keuangan untuk memerangi pemalsuan secara umum dan memerangi kejahatan pemalsuan uang yang sedang marak pada waktu itu.

Mantan anggota Dinas Rahasia, Mickey Nelson, mengatakan Presiden Abraham Lincoln, menandatangani pembuatan lembaga ini sebelum dia dibunuh.  "Itu tidak ada hubungannya dengan perlindungan Presiden pada waktu itu," kata Mickey.

2. Masih Ikut Pemberantasan Uang Palsu
Agensi ini terus menyelidiki pemalsuan uang AS baik di dalam maupun luar negeri. Pada November 2016 mereka berhasil menyita $ 30 juta uang palsu dan tercatat sebagai operasi penangkapan terbesar sepanjang sejarah.

3. Pelayanan Perlindungan Presiden Dimulai pada 1901
Dinas Rahasia memberikan perlindungan paruh waktu, yang tidak resmi bagi Presiden Grover Cleveland pada tahun-tahun terakhir abad ke-19. Akibat pembunuhan yang terjadi sebelumnya pada Presiden William McKinley pada tahun 1901, ini merupakan pembunuhan Presiden yang ketiga dalam 36 tahun. Setelah itu Presiden meminta perlindungan dari Dinas Rahasia untuk Presiden.

4. Pelayanan dan Perlindungan Sebelum Kedatangan Presiden
Satu hingga dua minggu sebelum acara kepresidenan, pimpinan Dinas Rahasia telah melakukan pengamanan di lokasi acara. Dan ini telah menjadi standar operasional bagi pengamanan Presiden secara internasional. Misalnya, perencanaan untuk pelantikan Presiden 2017 dimulai 18 bulan sebelumnya.

"Perencanaan awal adalah prinsip inti dari dari Dinas Rahasia dan mengapa mereka begitu efektif," kata Mickey.

5. Alasan Mengapa Diberi Nama Rahasia
Asal usul nama agensi ini tidak ada hubungannya dalam proses keamanan moderen saat ini ataupun seperti tujuan sebelumnya yaitu untuk menangani pemalsuan uang pada era sebelumnya. Namun ini berkaitan dengan gerakan dari agensi ini yang bersifat rahasia dan tersembunyi.

"Itu adalah sekelompok petugas yang menyamar saat itu, mereka rahasia, maka namanya Dinas Rahasia," kata Mickey. [***]


loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner