Selasa, 17 Oktober 2017

Sri Sultan: 35.911 Hektare Lahan Produktif Jogja Jangan Diganggu!

    Selasa, Oktober 17, 2017   No comments

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Foto: Dok

DIY-YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - 35.911 hektare lahan di wilayah DIY wajib dijaga untuk program pertanian berkelanjutan dan tak boleh beralih fungsi menjadi bangunan paling tidak untuk 10 tahun kedepan. Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam pidato perdana pasca pelantikan di DPRD DIY, Senin (16/10/2017). 

Sultan mengatakan Pemda DIY siap memberikan kontrak selama 10 tahun pada para pemilik lahan agar memastikan tetap digunakan sebagai sentra pertanian. Namun, bukan insentif berupa uang tunai yang diberikan melainkan bentuk bibit, pupuk serta perawatan. 

Insentif pemilik lahan ini sendiri tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) DIY nomor 10/2011 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Perda ini menyebutkan bahwa DIY harus mempertahankan lahan pertanian seluas 35.911 hektare untuk pertanian produktif. 

“Sudah tertuang dalam peraturan, kita berikan kontrak 10 tahun kepada pemilik lahan agar lahannya tidak menjadi bangunan. Insentif bagi pemilik lahan untuk benih kita sediakan,” ungkap Sultan. 

Sebagai pengejawantahan program tersebut, masing-masing kabupaten DIY diberi kewajiban menjaga lahan pertanian produktif agar tidak beralih fungsi. Kabupaten Sleman diwajibkan menyediakan lahan seluas 12.377 hektare, Bantul 13.000 hektare, Kulonprogo 5.029 hektare dan Gunungkidul 5.505 hektare. 

“Sekarang bagaimana bapak dan ibu bupati mempercepat verifikasi lahan. Jika verifikasi lahan di masing-masing kabupaten di DIY sudah tuntas program pertanian berkelanjutan segera dilaksanakan,” sambung Sultan. 

Data terbaru dari Dinas Pertanian menyebutkan bahwa setiap tahun DIY kehilangan lahan produktif seluas 245 hektare. Sebagian besar alih fungsi lahan tersebut digunakan untuk pemukiman, perluasan perkotaan, perluasan bidang transportasi dan lainnya. (Fxh/KRjogja)

loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner