Kamis, 30 November 2017

naH! Tak Hanya Indonesia, Generasi Milenial di China Juga Sulit Dapatkan Rumah

    Kamis, November 30, 2017   No comments



JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Generasi Milnenial Terancam tidak akan memiliki hunian pada masa mendatang. Hal tersebut menyusul semakin terbatas tanah yang ada saat ini.
Hal itu ternyata berdampak pada ke akan harga tanah ah yang tak terkendali. Sementara itu, penghasilan para pekerja tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Chairman Lippo Group Mochtar Riady mengatakan sulitnya generasi milenial untuk memiliki rumah tidak hanya terjadi di Indonesia. Pasalnya di beberapa negara-negara maju seperti Tiongkok pun mengalami hal yang sama.  

"Ini memang sudah kejadian di negara-negara yang lain, khususnya di Tiongkok," ujarnya saat ditemui di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Menurut Mochtar, sulitnya generasi Milenial di Tiongkok dikarenakan tidak meratanya perekonomian yang ada disana. Sehingga hanya segmen atas saja yang bisa merasakan bagusnya perekonomian Tiongkok. 

Sementara generasi Milenial dikalangan bawah sangat kurang merasakan dampak perkembangan ekonomi Tiongkok. Sehingga sulit untuk membeli hunian yang harganya melambung tinggi.
"Kalau di Tiongkok itu perkembangan ekonominya yang pesat itu, itu mereka hanya untuk lapisan yang atas. Tidak untuk lapisan yang bawah. Makanya harganya begitu mahal. Dan ini menjadi suatu unsur sosial yang tidak stabil," Tutupnya. (rzk/okz)

*Apa & Siapa itu Generasi Millennial?
Dewasa ini, generasi millennials menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya. Tapi sebenarnya, siapakah generasi millenials itu dan apakah masyarakat benar-benar mengerti akan sebutan itu?

Millennials atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980- 2000an. Maka ini berarti millenials adalah generasi muda yang berumur 17- 37 pada tahun ini. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi millennials memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat TV berwarna,handphone juga internet sudah diperkenalkan. Sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi.

Di Indonesia sendiri saat ini Bulan Juli 2017 dari jumlah 262  juta jiwa penduduk yang telah tercatat, terdapat lebih sekitar  81 juta merupakan generasi millenials atau berusia 17- 37 tahun. Hal ini berarti Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negaranya. Tapi, kemanakah mereka pergi? Apakah mereka bersembunyi?

Sungguh tidak, jika kita melihat ke dunia sosial media, generasi millennials sangat mendominasi jika dibandingkan dengan generasi X. Dengan kemampuannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi millenials belum banyak yang sadar akan kesempatan dan peluang di depan mereka. 
"Generasi millennials cenderung lebih tidak peduli terhadap keadaan sosial di sekitar mereka seperti dunia politik ataupun perkembangan ekonomi Indonesia. Kebanyakan dari generasi millenials hanya peduli untuk membanggakan pola hidup kebebasan dan hedonisme. Memiliki visi yang tidak realistis dan terlalu idealistis, yang penting bisa gaya.

Tidak terima dengan kalimat-kalimat diatas? Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan, jika ingin menjadi generasi millenials yang bermanfaat :

Berfikiran kritis
Terbukalah dengan apa yang ada disekeliling kita, mulai dari masalah politik, ekonomi hingga sosial dan budaya. Jangan telan mentah-mentah informasi yang kamu dapatkan. Cobalah untuk berfikir kritis dan pikirkan apa yang bisa kamu kontribusikan untuk memecahkan masalah di sekitar anda.

Gunakan media sosial secara bijak
Media sosial bisa menjadi pedang bermata dua, tergantung bagaimana kamu menggunakannya. Maka gunakanlah dengan bijak, hindari penyebaran informasi tanpa fakta.

Bantu orang lain
Memikirkan orang lain bukan berarti hanya memperhatikan keluarga kamu saja. Melainkan konsep masyarakat secara keseluruhan. Jika kamu dapat membantu 10 atau bahkan 100 keluarga sekaligus, kenapa harus cuma satu?

Buat Visi yang realistis
Tentukan visi yang ingin anda capai. Dalam membuat visi kamu harus SMART yaitu, Spesific Measureable, Achieveable, Reasonable dan juga Timephased. Beberapa elemen itu yang membuat visi kamu bukan hanya omong kosong. Indonesia membutuhkan banyak anak muda dengan visi yang jelas dan eksekusi yang nyata.

Bangun Ide
Setelah kamu memiliki visi yang SMART. Buatlah ide yang dapat membantu anda mencapai visi anda tadi. Diskusikan ide dengan orang-orang di sekitar kamu. Jangan takut ide kamu dicuri, karena tidak ada ide yang original, dan ingatlah ide itu murah yang mahal eksekusinya.

Susah cari kerja? Buat Startup!
Banyak dari generasi millenials yang memiliki pendidikan tinggi tetapi masih pengangguran. Alasannya bermacam, mulai dari sangat susah mencari pekerjaan yang gajinya sesuai dengan pengeluaran sampai dengan tidak suka dengan sistem birokrasi dari calon perusahaannya. Buka mata, sekarang ini zamannya Industri Kreatif, cari masalah yang ada di sekitar kita dan selesaikanlah melalui startup, dengan begitu kamu dapat membantu orang lain yang memiliki masalah sama dengan kamu. [rm]
Bagaimana, apakah anda siap untuk membangun Indonesia???


About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner