Jumat, 10 November 2017

Para Calon Pengantin Harus Baca!! Inilah Penjelasan Pentingnya Suntik TT (Tetanus – Toksoid) Sebelum Menikah!

    Jumat, November 10, 2017   No comments




SriwijayaAktual.com - Saat akan melangsungkan pernikahan, biasanya kita akan larut dengan segala macam kesibukan persiapan; mulai dari menentukan siapa saja yang akan diundang, memilih dekorasi gedung, sampai pada memikirkan akan seperti apa jalannya prosesi pernikahan nantinya. Di balik semua ke-riweuh-an ini, ada satu tahap yang masih belum dianggap lazim di Indonesia, yakni persiapan vaksin jelang nikah. Entah karena enggan mengeluarkan biaya untuk urusan yang satu ini, atau dari pihak pemerintah sendiri yang belum melakukan sosialisasi dengan optimal.
Melakukan vaksin pra-nikah -khususnya bagi calon pengantin wanita– memang tidak wajib. Namun bukan berarti tidak perlu. Ada banyak kasus bayi lahir dengan tidak sempurna dikarenakan si ibu yang terinfeksi virus tertentu ketika hamil. Padahal, hal ini bisa saja dicegah seandainya sebelum menikah, calon ibu tersebut sudah melakukan vaksin pra-nikah yang biayanya tidak sebanding dengan besarnya budget untuk sewa gedung atau pesan katering di resepsi pernikahan.
Vaksin TT (Tetanus – Toksoid) yang diwajibkan oleh semua KUA
Imunisasi TT merupakan satu-satunya imunisasi sebagai salah satu syarat pemberkasan di KUA saat kita akan mendaftarkan pernikahan. KUA sendiri yang akan memberikan surat pengantar ke puskesmas mana kita harus melakukan suntik TT. Karena hal inilah vaksin ini sering disebut sebagai suntik catin alias suntik calon pengantin.
Imunisasi TT diberikan dengan tujuan mencegah terjadinya penyakit tetanus yang disebabkan oleh infeksi clostridium tetani. Penyakit ini sangat rentan mengenai ibu dan bayi saat persalinan karena adanya perlukaan saat proses tersebut. Waktu yang tepat pemberian imunisasi TT adalah 2-6 bulan, atau selambat-lambatnya 1 bulan sebelum menikah. Untuk biaya yang dikeluarkan tentunya akan berbeda pada tiap puskesmas, namun berada pada kisaran Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Murah banget, ‘kan?
Seberapa Penting Suntik TT Bagi Wanita Sebelum Menikah?
Secara medis, suntik TT sangatlah penting bagi wanita sebelum menikah. Beberapa alasan mengapa suntit TT direkomendasikan bagi calon pengantin adalah:
Suntik TT berguna untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap bakteri Clostridium tetani.
Wanita yang telah menikah pasti akan melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Hal ini menyebabkan robeknya vagina hingga terbentuklah luka. Kondisi tersebut berisiko menyebabkan infeksi bakteri. Tak terkecuali bakteri tetanus. Maka itu, suntik TT bisa menjadi tindakan pencegahan yang tepat.
Suntik TT dapat meminimalisir risiko penyakit tetanus pada ibu hamil dan saat persalinan.
Proses persalinan yang kurang steril, semisal dilakukan di dukun beranak cenderung memicu luka dan infeksi. Kondisi ini bisa saja memicu masuknya bakteri Clostridium tetani ke dalam tubuh ibu ataupun bayi sehingga menyebabkan penyakit tetanus. Oleh sebab itu, suntik TT bisa jadi pencegahan.
Suntik TT juga melindungi bayi baru lahir dari penyakit tetanus neonatorum.
Adakah Efek Samping Dari Suntik TT Untuk Wanita?
Untuk efek samping dari suntik TT pastilah ada. Namun tidak berhubungan dengan infertilitas. Biasanya seseorang yang telah melakukan suntik TT akan mengalami bengkak, nyeri dan kemeraan di area kulit bekas suntikan. Efek samping ini akan menghilang dengan sendirinya kira-kira 2-3 hari.
Menurut beberapa pakar kesehatan, suntik TT tidak mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Suntik tetanus terbilang aman bagi wanita hamil. [mamacerdas.co] 

loading...
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner