Minggu, 26 November 2017

PEMPEK & PINDANG CEK MOLEK "Makanan Favorit Khas Kota Palembang, Sumatera Selatan"

    Minggu, November 26, 2017   No comments



PALEMBANG, SriwijayaAktual.com Makanan favorit khas Palembang Pempek, biasanya jika dijadikan buah tangan hanya bisa bertahan selama tiga hari. Namun, kini bagi para wisatawan yang datang ke Palembang tak perlu takut untuk membawa pempek sebagai oleh-oleh.

Yeni Anggraini, pemilik pempek Cek Molek, berhasil menemukan cara agar makanan ini bisa bertahan selama dua bulan tanpa mengurangi rasa aslinya. Selama Satu tahun lebih, Yeni, yang dulunya bekerja sebagai kepala cabang salah satu bank pelat merah, memutuskan untuk berhenti.

Dia bertekad untuk meneruskan warisan resep keluarga dengan memulai bisnis usaha pempek. 
Berbagai inovasi dilakukan wanita berhijab ini, guna mencari cara agar pempek tetap tahan lebih lama tanpa menggunakan pengawet.

Akhirnya, cara itu pun ditemukannya. Dia berbagi resep bagaimana membuat pempek tetap awet selama dua bulan.
“Yang pertama, pembuatannya harus bersih. Tetap berbahan baku ikan, seperti tenggiri dan gabus,” kata Yeni.

Setelah ikan diolah dan dijadikan pempek, selanjutnya makanan itu dikeringkan agar tak memiliki kandungan air.
“Baru sudah itu, kami sterilkan menggunakan mesin. Harus benar-benar steril. Kalau tidak, pempeknya akan cepat basi. Setelah steril langsung dikemas,” ujarnya.


Yeni harus melibatkan tim kesehatan dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan untuk menemukan resep membuat pempek awet selama dua bulan itu. Setiap pempek yang diproduksi selalu dicek kondisi sehat atau tidaknya pempek tersebut.

“Diuji coba pada Juni 2015. Dan dinyatakan steril, meskipun pempek yang saya produksi bisa tahan selama dua bulan. Jadi, walaupun disimpan lama, rasanya tetap tidak berubah. Berbeda dengan pempek kering,” katanya.

Untuk harga pempek non packing, Yeni mematok harga Rp3.500 per butir. Sementara itu, untuk pempek yang sudah di-packing, yakni Rp100 ribu dengan isi 20 butir. [*] 


*Pempek Cek Molek Tambah Menu Baru
Setelah sukses menghadirkan pempek steril serta makanan khas Palembang lainnya, Pempek Cek Molek saat ini, kini menghadirkan menu baru yakni makan siang. Sehingga selain pempek, juga dihadirkan berbagai menu makan siang yang bervariasi.

Owner Pempek Cek Molek, Yeni Anggraini menjelaskan, menu baru makan siang ini dihadirkan sejak 20 Januari 2016. Selain bisa dinikmati di Gedung Multisera Jalan Jenderal Sudirman km4,5 Palembang, menu baru cek molek ini juga dihadirkan di cabang Pempek Cek Molek Jalan Sumpah Pemuda Blok J 3-4 Kampus Palembang.

Adapun menu pindang yang dihadirkan selain pempek antara lain nasi tempoyak patin, nasi pindang patin,nasi ayam goreng kuah pindang, nasi pindang tulang dan seluang goreng.
“Sehingga dengan adanya tambahan menu makan siang tersebut,mempermudah tamu yang tak hanya makan pempek saja,”terang Yeni. 

Menu nasi pindang yang dihadirkan ini tambahnya lagi, dijual dengan harga paket sehingga sudah termasuk sambal, lalap dan minuman es teh. Dijual mulai dari harga Rp18 ribu sampai rp28 ribu.

“Menu ini bisa dinikmati setiap hari mulai pukul 08.00 wib sampai pukul 22.00 wib. Selain itu para tamu bisa menikmati hiburan berupa karaoke,”promosinya lagi.
Bincang-bincang bersama wali kota Palembang Bapak H. Harnojoyo, S.Sos di kediaman dinas beliau. @2017

Kedepan tambah Yenni, pihaknya juga akan menyediakan menu sarapan pagi seperti burgo, lakso, serta makanan lainnya. Sehingga konsumen tak perlu kemana-mana lagi, cukup ke Pempek Cek Molek kuliner menu Palembang ada semua.

Sementara untuk menu kuliner berupa pempek, Pempek Cek Molek tetap disediakan. Mulai dari pempek steril dan teman-temannya.

Untuk harga per satuan pempek steril ini rp 4000 dan pempek lainnya hanya rp3500. Meskipun pempek steril rasa pempek ini tak berubah tetap enak dimakan apalagi menggunaan ultraviolet dengan sistem temperatur tinggi dan gunakan vacum.

Pempek Cek Molek ini selain pempek steril juga menghadirkan semua macam pempek lainnya seperti pempek telur, tahu, adaan, model, tekwan, kerupuk, kemplang serta masih banyak lagi makanan lainnya yang merupakan makanan khas Palembang. [ofie]

Jadi bagi anda yang ingin membeli pempek Cek Molek Yang Harganya Sewaktuwaktu sering promo mengikuti hari besar nasional atau hari besar agama, bisa datang langsung, pesan siap antar atau kirim kemana saja dengan hubungin kontak ke Telpon 0711 411155 atau HP 081288262288. 

 

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner