Selasa, 21 November 2017

[Video] Kritik Buat Para Sarjana yang Kehilangan Daya Nalar Kritis atas Informasi di Media Sosial

    Selasa, November 21, 2017   No comments

Postingan video sindiran pada sarjana yang percaya pada media sosial.

JAKARTA, SriwijayaAktual.com – Dewasa ini, media sosial ibarat pisau bermata dua, memiliki banyak manfaat, namun juga berbahaya bila tidak digunakan secara baik. Jika disalahgunakan, media sosial malah dapat menjadi senjata makan tuan.

Fenomena penyalahgunaan media sosial digambarkan secara cerdik oleh sebuah akun Twitter dengan nama @IFnubia. Ia membuat sebuah video singkat yang menggambarkan betapa mudahnya seorang netizen dapat tertipu oleh sebuah berita palsu di media sosial. Padahal, banyak netizen yang sudah mendapatkan gelar sarjana.

“Seorang sarjana butuh empat tahun untuk dinyatakan lulus. Ia dianggap mampu melihat satu permasalahan dengan holistik yang diwakili oleh skripsi yang terdiri dari judul, pandangan umum, uraian, dan kesimpulan,” ujarnya dalam narasi video.
Ia kemudian melanjutkan bahwa proses berpikir saat pembuatan skripsi, ternyata tidak terbawa pada saat kehidupan nyata. Menurutnya, kini beberapa netizen yang notabene sudah sarjana, malah gampang terpancing sebuah artikel hoax tanpa adanya proses mendalami lebih lanjut.

“Ketika membaca satu judul dari suatu berita, mentang-mentang disampaikan tokoh terkenal jadi viral, diretweet ribuan orang tiba-tiba jadi kesimpulan paripurna. Tanpa ada informasi pembanding, tanpa menelaah, tanpa mencoba mendalami,” lanjutnya.

“Pertanyaanku adalah kemana kemampuan belajarmu selama 4 tahun ini para sarjana? Melihat ini kesimpulan ku sederhana, what the f**k with you guys,” ujarnya mengakhiri

Video sindiran @IFnubia ini cukup mendapatkan perhatian warganet Indonesia. Hingga saat ini, video tersebut sudah mendapatkan lebih dari 300 retweeet dan lebih dari 150 likes.
“Hahanjir,” kata @ganda_88
“What the faaakkkk,” kata @nonotisme.

(gubr.ak/sr)

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner