Loading...

Selasa, 02 Januari 2018

loading...

Tahukah Kamu Negara Mana yang Pertama Kali Merayakan Tahun Baru? ini....

    Selasa, Januari 02, 2018   No comments

Loading...

SriwijayaAktual.com - Pergantian tahun selalu menjadi momen spesial, baik bagi remaja yang masih hobi kumpul-kumpul sambil bakar ayam atau ikan, juga buat orang tua yang makin menyadari bahwa usia mereka semakin bertambah seiring dentum bunyi petasan di langit malam pergantian tahun. Semua bergembira, semua berpesta, dan yang pasti semua akan menikmati pergantian tahun tanpa terkecuali. Tapi, tahukah kamu negara mana yang pertama kali akan merasakan pergantian tahun?
Sebenarnya kapan pergantian tahun dirayakan pertama kali? Bangsa Romawi rupanya telah merayakan pergantian tahun tanggal 1 Januari pada 153 SM tepatnya di Roma. Meski masih jadi perdebatan kapan persisnya 1 Januari menjadi perayaan atau awal tahun baru karena sebelumnya juga dipercaya perayaan tahun bara di zaman Romawi kuno dilakukan pada tanggal 1 Maret, tapi catatan sejarah setidaknya memberi kita gambaran mungkin jaman segitu sudah banyak anak muda gaul yang nongkrong nunggu detik-detik pergantian tahun ya, cuma bawaannya pasti beda, bukan kembang api tapi mungkin tombak yang ujungnya ditempeli obor. Lalu sejarah juga mencatat kalau perayaan pergantian tahun juga terjadi pada tahun 2000 SM di Mesopotamia. Waah, ini lebih gokil pastinya ya!
slcviphospitality.com
Lalu negara mana di jaman modern ini yang merasakan detik-detik pergantian tahun baru? Kalau jawabanmu negara api, sepertinya masih harus belajar ilmu bumi deh. Negara yang merayakan pergantian tahun pertama kali adalah negara kepulauan Kiribati. Pernah dengar nama negara ini gak sih? Kalau belum, coba cek peta dunia ya. Kenapa negara kepulauan Kiribati menjadi yang pertama? Karena letaknya ada di Garis Penanggalan International, maksudnya sih negara ini menjadi awal dan akhir dari siklus zona waktu jadi doi yang kebagian sinar matahari, begitu.
Sementara itu, tempat yang akan paling akhir menikmati pergantian tahun adalah wilayah di pulau terluar Amerika Serikat semacam Baker Island dan Pulau Howland. Pernah kebayang gak sih dengan kemajuan teknologi saat ini kita bisa merasakan pergantian tahun lebih dari satu kali dalam sehari? Misal kamu pergi ke negara kepulauan Kiribati dan Samoa lalu secepatnya pergi ke wilayah Hawaii, selama perjalanan itu mungkin kita bisa menikmati pesta kembang api di langit malam ya, waahh, pasti mengasyikkan!. [PW]
"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...