Loading...

Sabtu, 10 Februari 2018

loading...

Teh Lahang, Minuman Isotonik Alami Asli dari Tanah Pasundan, "Penambah Stamina++"

    Sabtu, Februari 10, 2018   No comments

Lahang minuman isotonik alami asli Tanah Pasundan (Foto: @edycustombike/Instagram)

SriwijayaAktual.com - Terbiasa dengan minuman penambah stamina? Tapi takut ketika harus mengonsumsinya secara terus menerus? Sebab, bagaimana pun minuman kemasan seperti itu tidak baik bagi tubuh Anda, khususnya lambung!

Tapi, kalau memang ada minuman isotonik yang sehat, kenapa tidak mencobanya dan menikmatinya setiap hari!
Adalah teh lahang. Minuman ini biasanya disajikan dari sebongkah batang bambu yang besar. Ya, minuman ini memang biasanya disimpan di dalam batang bambu, tapi jangan khawatir akan kebersihannya. Malah, dengan cara seperti itu, ada rasa yang khas yang kemudian muncul dari teh ini.

Bicara sedikit mengenai asal usul teh lahang ini. Berdasar beberapa sumber yang diterima media, teh lahang ini merupakan minuman khas tanah pasundan. Minuman ini bisa dikatakan sebagai minuman tradisional yang berumur ‘banyak’. Pasalnya, sudah dari sejak dulu teh ini ada dan khasiatnya masih tetap bisa Anda rasakan sampai sekarang.

Sebetulnya, teh lahang itu apa?
Selidik punya selidik, teh lahang itu adalah teh yang dibuat dari sadapan bunga jantan pohon aren. Nah, para pembuat teh ini biasanya menyadap bunga tersebut sedari malam dan pagi harinya mereka masukkan ke dalam batang bambu. Barulah setelah itu para pedagang menjajakannya ke semua tempat.

Perlu Anda ketahui, minuman ini sama sekali tidak menggunakan gula sebagai pemanisnya. Tapi, untuk rasa, teh ini sudah manis karena pada dasarnya teh lahang berasal dari pohon aren yang terkenal akan manisnya.

Setelah itu, untuk diinformasikan saja bahwa teh lahang ini harus segera diminum setelah dimasukkan ke dalam bambu. Hal ini terkait dengan oksidasi yang bakal terjadi pada cairan bunga jantan aren itu sendiri. Semakin lama dibiarkan, cairan tersebut malah akan menjadi cairan cuka aren lalu menjadi tuak. Jadi, paling pas memang menyeruput minuman ini ketika siang hari. Dijaminn tubuh langsung segar kembali!

Yang kemudian menjadi kekhawatiran adalah semakin berkurangnya pengolah teh lahang ini. Mungkin dulu Anda masih sering melihat abang-abang penjualnya berkeliling menjajakan minuman tersebut. Bahkan, Anda bisa menemukannya sampai di depan rumah. Tapi, semakin berkembangnya zaman, penjual teh ini mulai berkurang dan bisa dibilang teh lahang sekarang sudah langka.
Hayo, Anda terakhir minum teh ini kapan. [Okz]

loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam Terpercaya.

Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
loading...