Loading...

Jumat, 09 Maret 2018

loading...

Gerbong Kereta Segera Tiba, Bulan Depan LRT Palembang Siap Diujicoba

    Jumat, Maret 09, 2018   No comments

Loading...
Foto/Istimewa

PALEMBANG, SriwijayaAktual.com  Pembangunan jaringan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) di Palembang sudah mendekati penyelesaiannya. Tahapan selanjutnya ialah uji coba kereta LRT yang akan tiba akhir Maret 2018. 

"Uji coba kita rencanakan April mendatang setelah gerbong tiba yang dijadwalkan akan sampai di Palembang akhir Maret 2018. Kemudian uji coba dilaksanakan setelah dua pekan kereta tiba," kata Kepala Proyek LRT Palembang PT Waskita Karya Mashudi Jauhari, Jumat (9/3/2018).

Gerbong kereta untuk LRT Palembang dibuat PT INKA dan dijadwalkan kedatangan gerbong pada akhir Maret sebanyak dua train set. Atau satu rangkaian terdiri tiga gerbong kereta.

Mashudi menjelaskan, progres pengerjaan moda transportasi moda transportasi massal LRT Palembang sudah mendekati tahap akhir. Pengerjaan proyek LRT ini telah mencapai 88 persen dan akan selesai sebelum Asian Games 2018. "Pengerjaan berjalan sesuai target, Juni mendatang semua pekerjaan dipastikan akan rampung," ujarnya.

Khusus untuk pemasangan rel LRT menurut Mashudi telah mencapai 97 persen. Setelah pengerjaan rel selesai pada April 2018 PT Waskita Karya akan melaksanakan uji coba. "Uji coba akan dilaksanakn internal antara PT Waskita Karya dengan pihak owner," kata Kepala Proyek LRT Palembang.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar, kehadiran moda transportasi massal kereta LRT adalah untuk kemacetan yang terus terjadi di Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumsel. "Kehadiran LRT bukan hanya untuk mendukung Asian Games XVIII tapi bagaimana pasca Asian Games? Kereta LRT ini dibangun atas dasar kemacetan yang terjadi di Palembang. Meskipun berbagai upaya telah dilaksanakan ternyata belum bisa mengurai kemacetan. Solusinya harus mencari moda transportasi lain," kata Nasrun Umar.

Nasrun Umar juga menjelaskan, tidak menutup kemungkinan kehadiran kereta LRT sebagai moda transportasi baru akan terjadi pro dan kontra di masyarakat. Untuk mengatasi masalah itu menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, pemerintah provinsi akan berupaya dengan berbagai cara agar masyarakat mau beralih menggunakan transportasi kereta LRT.

"Memang tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat yang sudah menjadi kultur. Dulu waktu mengubah dari menggunakan oplet ke bus kota juga butuh waktu sekitar satu tahun. Moda transportasi kereta LRT berbeda dengan angkutan transportasi oplet dan bus kota," ujarnya. [republika]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...