Loading...

Rabu, 07 Maret 2018

loading...

Jumlah Utang Indonesia Rp 3.958,7 Triliun, Menko Darmin: "Tak Masalah, Ora Opo-opo"

    Rabu, Maret 07, 2018   No comments

Loading...
Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Peningkatan utang untuk pembangunan infrastruktur.
JAKARTA, SriwijayaAktual.com -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, utang pemerintah saat ini masih dalam level aman. Pemerintah, kata ia, menarik utang untuk membangun infrastruktur dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

"Utang kita tidak ada masalah. Utang kita kenaikannya mungkin sedikit lebih cepat dibandingkan masa lalu. Tapi tetap saja yang namanya beban utang kita tidak termasuk tinggi di antara negara manapun. Seluruh dunia tahu itu," ujar Darmin.

Darmin menjelaskan, kenaikan utang Indonesia adalah buat membangun infrastruktur. Menurutnya pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia akan semakin banyak yang selesai pada tahun ini dan tahun depan.
Dampaknya, kata Darmin perekonomian Indonesia akan menjadi lebih baik. "Kita tidak menggunakan utang untuk konsumsi, kita menggunakan utang untuk investasi di infrastruktur," ujar Darmin.

Meski begitu, jelas Darmin, pemerintah tidak akan menambah lagi infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN). Bahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, jumlah PSN justru akan dikurangi.

"Kita praktis tidak menambah lagi infrastruktur PSN, kecuali proyek-proyek infrastruktur biasa. Kalau PSN, Presiden sudah minta untuk periode pemerintahan ini jangan ditambah lagi. Malah dikurangi mungkin," Tuturnya Darmin, Rabu (7/3/2018) dilansir republika.co.id

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, posisi utang pemerintah pada akhir Januari 2018 mencapai Rp 3.958,7 triliun. Dengan capaian tersebut, rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 29,1 persen.
"Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Keuangan Negara nomor 17 tahun 2003 rasio utang tersebut masih dalam batas aman. Dalam aturan tersebut, batas maksimal rasio utang pemerintah adalah 60 persen terhadap PDB. [*]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...