Loading...

Minggu, 04 Maret 2018

loading...

'Menang Gugatan, PBB Syah Menjadi Parpol Peserta Pemilu 2019'

    Minggu, Maret 04, 2018   No comments

Loading...
Bawaslu Putuskan PBB sebagai Peserta Pemilu 2019 (Foto: Grandyos Zafna)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengabulkan gugatan yang diajukan oleh Partai Bulan Bintang (PBB). 

Putusan tersebut ditetapkan lewat sidang putusan ajudikasi sengketa penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

"Menyatakan PBB memenuhi syarat mengikuti Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewam Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/ Kota Tahun 2019," kata Ketua Bawaslu Abhan dilansir laman CNN, Minggu (4/3/2018).

Dalam putusan itu Bawaslu juga memerintahkan KPU menetapkan PBB sebagai peserta Pemilu 2019. Keputusan itu paling lambat dilaksanakan KPU maksimal tiga hari setelah putusan dibacakan.

Putusan Bawaslu sekaligus mengakhiri sengketa antara PBB dengan KPU. Sengketa ini dimulai sejak KPU menyatakan PBB tak lolos menjadi peserta Pemilu 2019.  Pada 30 Januari, KPU menyatakan PBB lolos verifikasi tingkat nasional. PBB kemudian melanjutkan verifikasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Pada 11 Februari, PBB dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Papua Barat. Namun tak berselang lama sebelum pengumuman hasil verifikasi oleh KPU pusat pada 17 Februari, partai berlambang bulan dan bintang itu mendadak tak lolos.

PBB dinyatakan tak lolos lewat Keputusan KPU Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. 


*Ini Pertimbangan Bawaslu Loloskan PBB Jadi Peserta Pemilu 2019
Bawaslu mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap KPU. Menurut Bawaslu, PBB memiliki kelengkapan dan keabsahan sebagai peserta pemilu.

"Menimbang hasil verifikasi faktual berdasarkan berita acara menyatakan status kepengurusan, keterwakilan perempuan 30 persen, domisili kantor dan keanggotaan pada Kabupaten Manokwari Selatan memenuhi syarat," ujar anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam sidang putusan, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Minggu (4/3/2018) dilansir detik.com.

Bawaslu juga menganggap, verifikasi KPU di Kolaka Timur, bersifat sah. Alasannya karena Kabupaten tersebut merupakan daerah otonomi baru dan verifikasi dilakukan sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Yang merupakan daerah otonomi baru tentang pembentukan tidak dilakukan verifikasi setelah putusan MK tetapi mengacu pada hasil verifikasi faktual sebelum putusan MK," ucap Fritz.

Atas pertimbangan itu, Bawaslu memutuskan PBB layak maju sebagai partai peserta pemilu 2019. Bawaslu juga memerintahkan KPU melaksanakan putusan ini paling lambat 3 hari setelah keputusan dibuat.

"Memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan PBB sebagai partai politik peserta Pemilu DPR-DPRD RI tahun 2019," kata Ketua Bawaslu yang menjadi Ketua majelis pemeriksa sidang, Abhan. 


*KPU Akan Gelar Rapat Pleno Sikapi Diputusnya PBB Menjadi Peserta Pemilu 2019
Komisi Pemilihan Umum akan menggelar rapat pleno usai Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memutuskan Partai Bulan Bintang (PBB) sah sebagai partai peserta Pemilihan Umum 2019.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menerangkan, KPU akan membahas putusan Bawaslu dalam rapat pleno yang akan digelar, Senin (4/3/2018).

Komisi Pemilihan Umum akan menggelar rapat pleno usai Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memutuskan Partai Bulan Bintang (PBB) sah sebagai partai peserta Pemilihan Umum 2019.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menerangkan, KPU akan membahas putusan Bawaslu dalam rapat pleno yang akan digelar, Senin (4/3/2018).

Menurut Hasyim, KPU juga akan mempertimbangkan untuk mengajukan banding atas putusan Bawaslu.
"Semua kemungkinan kan' disiapkan dan diperbolehkan Undang-Undang," ujarnya, yang dilansir tribunnews. [***]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...