Presiden Jokowi: Revolusi industri ke-4 dapat Ciptakan 10 Juta Lapangan Kerja di Tahun 2030
Loading...

Presiden Jokowi: Revolusi industri ke-4 dapat Ciptakan 10 Juta Lapangan Kerja di Tahun 2030

04 April 2018,
loading...
Jokowi/dok/net

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa penerapan revolusi industri ke-4 atau Industry 4.0 di Indonesia akan mendorong Indonesia menjadi 10 besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada 2030 mendatang.

"Harapannya dengan mengimplementasi industri 4.0 indonesia dapat mencapai top ten ekonomi global pada tahun 2030. Angka ekspor neto kita kembalikan 10 persen dari PDB," ujar Jokowi dalam acara Industrial Summit 2018 sekaligus peluncuran peta jalan (roadmap) Making Indonesia 4.0 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam pandangan Jokowi, revolusi industri ini juga akan menciptakan 10 juta lapangan kerja baru di 2030. Dengan demikian, tidak perlu ada kekhawatiran jika revolusi industri tersebut akan membuat masyarakat kehilangan pekerjaan.

"Dalam revolusi industri ini juga tercantum aspirasi untuk mewujudkan pembukaan 10 juta lapangan kerja baru di tahun 2030. Tentu hal ini akan menjadi suatu landasan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang," kata dia.

Namun demikian, Jokowi juga berharap revolusi industri ke-4 ini agar lebih ramah terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dengan demikian, UMKM juga bisa tumbuh melalui pemanfaatan teknologi yang tepat.

"Selain menciptakan lapangan kerja baru, implementasi industri 4.0 di Indonesia harus memastikan pertumbuhan secara inklusif pertumbuhan yang juga melibatkan seluruh lapisan ekonomi masyarakat. Tidak hanya perusahaan besar namun juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), di mana ke depannya UMKM juga harus dibuat paham dan mudah dalam mengakses dan menggunakan teknologi sehingga lebih berdaya saing," tandas dia. [liputan6]

TerPopuler

Loading...