Loading...

Jumat, 06 April 2018

loading...

Rumahnya Biasa Banget, Tapi Nilai Jualnya Rp19 Miliar, Memang Punya Keistimewaan Apaan ya?

    Jumat, April 06, 2018   No comments

Loading...
Rumah dari Kayu zhennan Phoebe

SriwijayaAktual.com - Jangan pernah remehkan rumah atau pun bangunan yang terlihat biasa saja. Karena siapa yang tahu, jika rumah dengan bentuk bangunan yang biasa punya nilai jual luar biasa.
Seperti sebuah rumah sederhana di China. Para ahli yang melihat rumah tersebut menyatakan, rumah itu ternyata bernilai lebih dari Rp19 miiar. Apa yang membuat rumah itu punya nilai jual super mahal?
Dilansir laman Daily Mail, ternyata bangunan tersebut terbuat dari kayu emas yang sangat berharga dan hanya tersedia untuk bangsawan. Bahkan, banyak pula para bangsawan yang tak mampu membelinya.
Setelah diselidiki, ternyata bangunan tersebut dibangun dengan kayu langka zhennan Phoebe. Kayu ini juga dikenal sebagai kayu berulir emas. Bangunan ini pun dipercaya didirikan saat Dinasti Ming, antara 1368 hingga 1644.
Rumah itu baru-baru ini ditemukan di provinsi Hubei, China tengah. Para ahli mengatakan bahwa sangat jarang menemukan seluruh bangunan yang terbuat dari kayu ulir emas.
"Ini mungkin terlihat seperti bangunan biasa tetapi ternyata terbuat dari salah satu kayu paling mahal di dunia," kata para ahli.
Rumah ini dibangun menggunakan kayu zhennan Phoebe yang langka yang pernah digunakan oleh Kaisar Tiongkok, dan diperkirakan bernilai lebih dari 10 juta yuan.
Kayu zhennan Phoebe yang langka biasanya setelah dipoles dan dipernis, memiliki cahaya keemasan.
Bangunan dengan luas 1.600 persegi ini, juga diyakini telah menjadi rumah sipil.
Saking mahalnya, jika diartikan dalam bahasa China, kayu ini adalah 'kayu sutra emas'. Karena punya nilai jual yang sangat tinggi, seluruh bangunan kini telah dipindahkan ke museum.
Rumah yang diyakini sempat didiami saat masa Kaisar di Dinasti Ming ini, perabotan kamarnya juga diyakini, semua terbuat dari kayu berharga.
Tak hanya sekadar mahal, kayu ini secara alami tahan hama, dan sering digunakan sebagai peti mati.
Phoebe zhennan sendiri dianggap sebagai spesies tanaman yang terancam punah.Tak heran, jika kini harganya pun sangat-sangat mahal. [***]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...