Loading...

Jumat, 11 Mei 2018

loading...

Berdasarkan Hasil Survei: Kalangan PNS Tidak Memilih Jokowi

    Jumat, Mei 11, 2018   No comments

Loading...
Ilustrasi-PNS

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Hasil survei Roda Tiga Konsultan (RTK) memperlihatkan Jokowi unggul hampir di semua kategori dari Prabowo Subianto jelang Pilpres 2019. Misalnya berdasarkan kategori suku, mayoritas responden yang berasal dari Suku Sunda juga menjagokan mantan Wali Kota Surakarta itu menang Pilpres 2019 mendatang.

Padahal Prabowo yang maju sebagai capres berpasangan dengan Hatta Rajasa pada Pemilu 2014 lalu, menang telak di Jawa Barat mengalahkan Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla.

"Pada survei kali ini ada 16,1 persen responden yang berasal dari Suku Sunda (Jawa Barat). Mayoritas memilih Jokowi (36,5 persen). Sementara yang memilih Prabowo 30,4 persen," ujar Direktur Riset dan Data RTK Rikola Fedri saat merilis hasil survei di Bilangan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Menurut Rikola, selisih responden yang memilih Jokowi dan Prabowo dari Suku Sunda hanya 6,1 persen. Hal ini menunjukkan meski Jokowi unggul, namun peta politik pada Pemilu 2014 lalu belum bergeser terlalu jauh.

Berbeda dengan responden yang berasal dari Suku Jawa, Jokowi dipilih oleh 53,3 persen. Sementara Prabowo hanya 16,8 persen. Demikian juga dengan suku lainnya, mantan Gubernur DKI Jakarta dipilih 47,1 persen responden. Sementara yang memilih mantan Danjen Kopassus itu hanya 23,2 persen.

"Berdasarkan kategori tingkat pendidikan juga, Jokowi unggul jauh. Responden lulusan SD ke bawah yang memilih Jokowi mencapai 53,3 persen. Sementara Prabowo hanya 19,3 persen. Lulusan SLTP yang memilih Jokowi 51 persen, Prabowo 21 persen," ucap Rikola.

Demikian juga responden lulusan SLTA ke atas dan berdasarkan kategori pekerjaan, umumnya menjagokan Jokowi. Namun untuk kategori responden yang tidak bekerja dan berprofesi sebagai PNS, umumnya memilih Prabowo.

Menurut Rikola, sebanyak 33,3 persen responden yang tidak bekerja memilih Prabowo. Sementara yang memilih Jokowi hanya 28,6 persen. Untuk responden yang berprofesi sebagai PNS sebanyak 42,1 persen memilih Prabowo dan hanya 21,1 persen memilih Jokowi.

Survei terkait Pilpres 2019 ini dilaksanakan 21 April hingga 2 Mei. Jumlah responden mencapai 1.610 orang. Metode yang digunakan stratified systemic random sampling dengan margin of error 2,5 persen. Responden merupakan warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun ke atas atau mempunyai hak pilih. (gir/jpnn)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...