Loading...
Loading...

Jumat, 20 Juli 2018

loading...

Jelang Pelaksanaan Asian Games 2018 di Kota Palembang, Apa Kata Mahasiswa ini?

    Jumat, Juli 20, 2018   No comments
iklan

Loading...



PALEMBANG, SriwijayaAktual.com - Untuk persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Kota Palembang secara umum dirasa sudah cukup baik, dilihat dari hal infrastruktur seperti  adanya pembangunan LRT, perbaikan jalan dan pembangunan maupun  pembaharuan  venue di Jakabaring Sport City (JSC). 

"Terkait hal keamanan, bahwa akhir-akhir maraknya tindakan terorisme dan masyarakat heboh  dalam kecemasan walaupun yang sebenarnya masyarakat  tidak  begitu mengetahui siapa dalang dan apa di balik gerakan terorisme ini.  Oleh sebab itu, aparat TNI-POLRI harus tetap siaga dan  waspada antisipasi terorisme, tidak hanya menyerahkan kepada Densus 88 saja." Demikian katanya Presiden Mahasiswa (Presma) Univ.PGRI Palembang  Dicky Kurniawan saat dikonfirmasi dimintai tanggapanya terkait Perkembangan Jelang  Pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, di Kota Palembang, Juma't (20/7/2018). 

Lanjutnya Dicky, untuk  Transportasi, sesuai informasi atau isu yang beredar dimasyarakat, tidak  boleh membawa  kendaraan pribadi,  masyarakat harus menggunakan  angkutan umum. "Hal itu baik karena dapat  menghindari kemacetan dan membawa  rezeki untuk para supir angkutan umum."Ujarnya.  

"Walaupun Asian Games 2018 ini adalah event internasional dan kepanitiaan skala nasional, namun perlu juga pemanfaatan peran teknis pemuda lokal dalam suksesi Asian Games 2018, sehingga  pemuda lokal juga dapat tambahan pengahasilan. Namun juga sebelumnya pemerintah harus berupaya meningkatkan kualitas  pemuda misalnya dari sisi bahasa, sehingga dapat berkomunikasi dengan baik kepada peserta Asian Games dari luar negeri."Tuturnya Dicky. 

Sementara, terkait antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di Sumsel, dinilai peran aparat instansi terkait saat ini sudah cukup baik. Akhir-akhir ini ada beberapa haktar lahan yang terbakar di Sumsel, namun petugas cepat menanggulanginya dan aparat harus terus waspada dengan menyiapkan hujan buatan memakai helikopter."Katanya. 

"Berdasarkan informasi yang beredar, pelaku UMKM lokal tidak boleh berjualan di area Asian Games dan hanya diperbolehkan beberapa saja pelaku UMKM atau terbatas saja. Hal itu positifnya tempat jualan dan lingkungan area Asian Games terlihat rapi dan bagus, namun bagaimana untuk para UMKM atau PKL yang biasa mencari nafkah di sekitaran area Asian Games di Jakabaring mau jualan dimana?,  nafkah keluarga mereka gmna?
Harusnya pelaku UMKM atau PKL  ini dibina dan dibuatkan tempat khusus yang banyak  untuk para UMKM atau PKL tersebut dapat berjualan. Sehingga event Asian Games dapat juga membawa pengusaha UMKM menambah penghasilan."Tandasnya Dicky.  

Sementara itu, secara terpisah saat konfirmasi kepada Sekretaris Umum HMI Badko Sumbagsel Deri Pransa Putra mengatakan, hal yang tidak berbeda jauh. "Katanya Deri, dilihat dari sisi infrastruktur maupun venue dan fasiltas pendukung  Asian Games 2018  di Kota Palembang secara umum sudah cukup baik. Walaupun terlihat terkesan diburu-buru atau dipaksakan. Contoh pembangunan LRT hingga saat ini belum cat atau  diwarnai sesuai rencana awal dengan lukisan motif songket Palembang dan ketersediaan parkir kendaraan di sekitar stasiun LRT yang minim bahkan belum tersedia."Ujarnya.  

Sementara itu, untuk jalur transportasi, isunya jalan Gub. A. Bastari dari lampu merah fly over Jakabaring atau dari  simpang tiga ke pasar induk jakabaring  menuju JSC informasinya akan ditutup. Hal ini tentu akan membuat masyarakat yang bertempat tinggal melewati jalan tersebut akan kecewa, karena susah saat akan pulang kerumah. Sehingga dapat menimbulkan gejolak sosial.  Namun mudah-mudahan hal ini hanya sebatas isu saja. 

"Untuk  transportasi umum, baik Angkutan Umum Kota (Angkot) dan angkutan lokal umum lainya, alangkah baik dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan oleh panitia  walaupun ini adalah event internasional. Sehingga dapat menambah penghasilan para sopir Angkot."Katanya. 

Sementara, terkait keamanan, optimis aparat TNI-POLRI siap antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan terorisme. Namun aparat harus tetap siaga dan jeli dari berbagai titik masuk disekitaran area JSC dan pusat keramaian Kota Palembang. 

Ketika disinggung terkait upaya  untuk peningkatan perekonomian masyarakat menengah kebawah, "Pelaku UMKM atau PKL harus  difasilitasi atau disiapkan tempat banyak oleh pemerintah supaya dapat berjualan disekitaran area pelaksanaan Asian Games dan jangan jauh."Tuturnya Deri. 

Sementara itu, terkait  Karhutlah, optimis aparat atau instasi terkait siap siaga mengantisipasi dan cepat menanggulanginya. Sehingga Asian Games 2018 di Palembang bebas kabut asap. 

"Berharap kedepanya, jika Kota Palembang menjadi tempat atau tuan rumah pelaksanaan event internasional, supaya pihak pemerintah juga serius mengupayakan membawa keberuntungan atau manfaat terhadap masyarakat ekonomi menengah kebawah."Tandasnya Deri. (Red). 



"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Tidak ada komentar:
Write komentar

Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...