Loading...

Senin, 27 Agustus 2018

loading...

Jika Dikonsumsi Terus-menerus Ini 7 Fakta Berbahaya Ayam Potong bagi Tubuh

    Senin, Agustus 27, 2018   No comments

Loading...
Ayam Potong/Negeri


SriwijayaAktual.com - AYAM merupakan bahan makanan yang paling disukai semua orang. Ayam memiliki sumber nutrisi dan mineral seperti protein, vitamin B, vitamin A, D, fosfor, dan zat besi. Meskipun mengandung banyak zat penting yang dibutuhkan tubuh, namun tidak berarti bahwa semua ayam baik untuk dikonsumsi.

Saat ini, ada dua jenis ayam yang tersedia untuk dikonsumsi. Pertama adalah produk alami (ayam kampung) yang sekarang hanya ditemukan di daerah pedesaan, kedua adalah ayam yang sengaja diternakan atau disebut sebagai 'ayam pedaging. Ayam pedaging sengaja diciptakan untuk dikonsumsi manusia dan tinggi akan bahan kimia.

Ayam ini biasa tersedia di kebanyakan toko daging, pasar maupun swalayan yang ada di sekitar Anda. Ayam kampung sangatlah baik untuk tubuh manusia, sementara ayam pedaging memiliki beberapa efek samping yang tidak cocok untuk tubuh manusia jika dikonsumsi secara terus menerus.

Sebagaimana diketahui jenis ayam pedaging atau biasa disebut dengan ayam negeri/broiler atau ayam potong, hanya untuk dikonsumsi manusia dan mereka tidak bertelur. Begitu mereka berusia 10 hingga 12 minggu dan mendapatkan berat yang cukup, mereka langsung dijual di pasar unggas dan siap untuk dikonsumsi manusia.

Lalu apa saja bahayanya? Melansir dari Times of India, Senin (27/8/2018), Sriwijaya Aktual akan membahas tentang bahayanya satu per satu.

1.Tidak bagus bagi pertumbuhan otak
Karena penggunaan obat kimia, ayam broiler memang memiliki rasa yang lezat. Meski demikian hal ini telah dianggap buruk bagi otak manusia. Bahan kimia yang digunakan untuk meningkatkan bobot ayam, langsung masuk ke aliran darah dan menyebabkan sakit kepala. Konsumsi secara teratur daging seperti itu dapat menyebabkan sakit kepala yang parah dan masalah neurologis lainnya.

2.Keracunan makanan
Menurut sebuah tes yang dilakukan pada ayam broiler, ditemukan bahwa ayam pedaging 97 persen mengandung kuman dan bakteri berbahaya. Mereka dapat menyebabkan infeksi yang ditularkan melalui makanan. Untuk sebagian besar orang, cara mereka menbersihkan dan mengolah makanan memainkan peranan penting.

3.Menggunakan antibiotik
Ayam broiler memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan itulah sebabnya mereka diperkuat dengan antibiotik tinggi. Hal inilah yang membuat mereka berbahaya bagi tubuh manusia. Ketika dikonsumsi kemungkinan besar peningkatan strain bakteri dan resisten antibiotik termasuk salmonella sangatlah tinggi.

4.Menggunakan hormon sintetis
Penggunaan hormon sintetis membuat ayam pedaging terlihat lebih besar. Ketika dikonsumsi, ada kemungkinan hormon-hormon ini masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan masalah reproduksi.

5.Menyebabkan risiko kanker
Ayam pedaging dimasak pada suhu tinggi dan membentuk senyawa karsinogenik yang meningkatkan risiko kanker dalam tubuh manusia.

6.Tinggi akan arsenik
Menurut para ahli ayam pedaging memiliki kandungan arsenik yang tinggi. Senyawa kimia yang ditambahkan ke ayam untuk melindungi mereka dari diare, memperbaiki pigmentasi, dan memastikan pertumbuhan yang baik, sangatlah berbahaya. Zat kimia ini bila dikonsumsi oleh manusia dapat menyebabkan diabetes, gangguan saraf, dan kanker.

7.Meningkatkan berat badan
Ayam pedaging sangat rendah serat dan pada saat yang sama padat kalori. Kombinasi keduanya tidak akan pernah membuat Anda merasa kenyang sehingga akan terus makan sepanjang hari yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara besar-besaran. [okz]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...