Loading...

Kamis, 06 September 2018

loading...

Jika Para Orang Kaya Indonesia Ikuti Langkah Sandiaga, Rupiah Dapat Menguat!

    Kamis, September 06, 2018   No comments

Loading...


JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Ekonom INDEF, Bhima Yudhistira mengatakan, langkah Pengusaha sekaligus bakal calon presiden Sandiaga Uno akan efektif perkuat rupiah lawan dolar AS bila diikuti tokoh lainnya.

Baik itu pelaku usaha maupun para elit politik yang notabenenya adalah panutan masyarakat umum.

"Kalau saja misalnya 50 orang terkaya di Indonesia mengikuti langkah Pak Sandiaga Uno untuk menukarkan dolar AS ke rupiah itu efeknya akan lebih besar daripada repatriasi dana tax amnesti yang pernah dilakukan kemarin," kata dia Bhima saat berbincang dengan wartawan melalui sambungan telpon, Kamis (6/9/2018) dikutip dari detikfinance.

Orang-orang kaya RI, kata Bhima, menguasai korporasi alias perusahaan raksasa. Di mana, korporasi raksasa ini banyak memiliki dolar AS.

"Terutama kan penguasaan dolar AS kan saat ini dikuasi oleh koorporasi gitu ya. Selama ini koorporasi selama ini di dalamnya dimiliki oleh orang-orang terkaya yang namanya masuk ke dalam daftar forbs. Kan di dalamnya ada termausk pak Sandiaga Uno kan disana," tambah dia.

Apa lagi, sambung dia, orang terkaya RI pemilik korporasi besar tentunya juga adalah pelaku ekspor. Selain menukar dolar AS ke rupiah, para orang terkaya RI ini juga bisa membantu pemerintah membawa pulang devisa hasil ekspor.

"Nah orang orang kaya ini juga sebagai eksportir yang sebagian besar memarkirkan uanganya devisa hasil ekspor itu di bank luar negeri. Kita harapkan mereka juga memulangkan devisa hasil ekpornya ke Indonesia dan melakukan konversi hasil devisa hasil ekspor kepada rupiah. Ini cukup signifikan unutk menguatkan rupiah," tandas dia.

Sandiaga di money changer

Sebelumnya, Kamis (6/9/2018) Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno menukarkan uang dolarnya sebesar USD 1.000 ke rupiah di money changer Dua Sisi, Plaza Senayan, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, Sandi juga mengajak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mencontoh langkahnya dalam rangka menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang sempat menembus angka Rp 15.000.

"Ini bentuk kepedulian dan saya berharap ini diikuti juga mulai dari pimpinan tertinggi republik ini mulai dari Pak Presiden, sampai pada pengusaha-pengusaha, juga emak-emak," katanya di lokasi,dikutip dari merdeka.com.

Menurutnya, langkah yang diambilnya ini adalah langkah sederhana dan bisa diikuti siapa saja. Karena itulah kalangan muda atau milenial bisa juga menukar simpanan uang dolarnya ke rupiah.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga mengajak para politikus khususnya anggota DPR menukar dolar ke rupiah.
"Politisi juga pasti kalau kunjungan ke luar negeri masih ada sisa dolar. Yuk kita gunakan secara masif melakukan gerakan ini. It's simple tapi ini menunjukkan kecintaan kita kepada bangsa dan negara," pesannya.

Penukaran USD 1.000 tersebut hanya simbolis. Sebelumnya dia juga telah melakukan penukaran aset perusahaannya sebesar 40 persen dari nilai hartanya ke rupiah.

"Saya menukarkan hampir 40 persen dari holding saya. Jadi bisa cek LHKPN saya, saya enggak mau riya. Cek saja LHKPN saya berapa. Sekarang total holding saya yang rupiah sudah 95 persen," jelasnya.
Sandi bersyukur saat ini rupiah sedikit menguat dari sebelumnya yang sempat mencapai Rp 15.000 per dolar Amerika. Dia berharap langkahnya ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat.

"Mulai sesuatu hal yang simpel-simpel dan mudah-mudahan ini menjadi inspirasi, bisa menjadi contoh untuk yang lain dan ini kita bisa lakukan gerakan ini dari diri kita sendiri. Jadi kita juga bisa mulai sekarang," jelasnya.

"Karena sekarang negara membutuhkan ini. Jadi ini adalah bentuk kecintaan kita kepada negara kita, kepada ekonomi kita. Kita ingin jangan sampai gejolak dolar yang dipicu oleh ekonomi kita ini bisa berujung ke pemutusan hubungan kerja (PHK). Sehingga lapangan kerja semakin sulit untuk masyarakat khususnya menengah ke bawah," katanya. [***]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...