Loading...
Loading...

Jumat, 05 Oktober 2018

loading...

Upacara Serta Parade Demonstrasi Maupun Pameran Dalam Peringatan HUT TNI ke-73 Kodam II/Swj

    Jumat, Oktober 05, 2018   No comments
iklan

Loading...
Foto/istimewa

PALEMBANG, SriwijayaAktual.com- Kodam II/Sriwijaya melakukan Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke - 73, dengan tema "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat", dipimpin oleh Mayjen. TNI. Irwan, S.I.P. H.Hum (Inspektur Upacara/Pangdam ll/SWJ), Letkol. Inf. Erwan Susanto (Komandan Upacara/Danyonif Raider 200/BN) dan Mayor. Czi Dedi Sulistiyo (Perwira Upacara/Pamen Kodam II/Swj) di  Lapangan Jasdam II/Sriwijaya, Kota Palembang, Juma't (5/10/2018). 

Tampak Pantauan Sriwijaya Aktual dilokasi upacara, dihadiri:  Irjen. Pol. Zulkarnain Adinegara (Kapolda Sumsel), H. Herman Deru (Gubernur Sumsel), Brigjen. Pol. Drs. Bimo Aggoro Seno (Wakapolda Sumsel), Brigjen. TNI. Syafrial (Kasdam II/SWJ), Brigjen. Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan (Kepala BNNP Sumsel), H. Alex Noerdin (Mantan Gubernur Sumsel), Kolonel. Inf. Dwi Wahyudi (Danrindam ll/SWJ), Kolonel. Inf. Iman Budiman, SE. (Danrem 044/Gapo Palembang), Letkol. Inf. Honi Havana (Dandim 0418/Kota Palembang), Kolonel. Pnb. Heri Sutrisno, SIP., MSi. (Danlanud Sri Mulyono Herlambang/SMH Palembang), Kolonel. Laut (P) Dwi Prasetyo RN (Danlanal Palembang), Mayjen. TNI. (Purn) Iskandar M. Syahil (Manta Pangdam II/Swj), Marsma TNI. (Purn) Ir. Robert Siagian MM (Ketua LVRI Prov. Sumsel), Kolonel (Purn) K. Ginting (Ketua PPAD Prov. Sumsel), Kombes. Pol. Yuri Karsono, S.Ik. (Kasat Brimob Polda Sumsel), Kombes. Pol. Wahyu Bintono HB, SIK., SH., MH. (Kapolresta Palembang), Harobin Mastofa (Sekda Kota Palembang), Ali Mukartono, SH. (Kepala Kejati Sumsel), serta diikuti hampir 2.000 peserta atau personel upacara  dari Jajaran TNI/Polri dan SKPD, BPBD, Basarnas Prov. Sumsel, Pemuda Pancasila, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 


Sementara itu, dalam membacakan amanat upacara  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, oleh Inspektur Upacara  dalam hal ini Pangdam II/Swj Mayjen. TNI. Irwan, S.I.P. H.Hum, mengatakan bahwa upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke -73 TNI dilaksanakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke secara sederhana namun khidmat.

Tema HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.  Tema tersebut mengandung makna, prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharmabaktikan untuk rakyat.

TNI senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan sumpah prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “TNI harus terus mentransformasi diri, menjadi kekuatan militer yang profesional, handal dan kapabel menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan,” ujarnya.  

TNI juga telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap kepada korban yang tertimpa bencana gempa dan tsunami yang berada di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong termasuk yang ada di Lombok.

Dijelaskan, TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam Perserikatan Bangsa Bangsa keberbagai negara sebagai bentuk partisipasi Negara dalam mewujudkan perdamaian dunia. Kiprah TNI dalam berbagai bentuk penugasan baik didalam maupun luar negeri, membentuk TNI menjadi postur yang disegani."Tuturnya. 

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah, membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional dan internasional, seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games, dan pengamanan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali.

Lebih lanjut dikatakan, TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI berkomitmen  untuk terus menjaga netralitas, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. “Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019”, Jelasnya  Panglima TNI," Demikian beberapa point petikan kata Panglima TNI dalam amanat upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke -73 TNI Tahun 2018 yang dapat dirangkum Sriwijaya Aktual. 


Sementara itu, Usai upacara perayaan HUT TNI ditampilkan pagelaran Tarian Kolosal yang dimainkan ratusan personel gabungan dari prajurit dan PNS TNI serta ibu-ibu Dharma Pertiwi (istri prajurit TNI).

Setelah Tari Kolosal, aksi prajurit dilanjutkan dengan atraksi beladiri gabungan Yong Moo Do, Karate dan Pencak Silat yang melibatkan ratusan prajurit satuan tempur dan satuan bantuan tempur jajaran Kodam II/Swj, serta atraksi pemecahan tumpukan balok es yang diiringi dengan tembakan salfo dari para prajurit.

Pagelaran Tari dan demo Beladiri Kolosal ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan semangat kejuangan para prajurit TNI maupun masyarakat serta diharapkan mampu mentauladani semangat kepahlawanan yang terkenal kegigihan, kepribadian dan semangat juang yang tidak kenal menyerah.

Tidak hanya itu, kemeriahan HUT Ke-73 TNI ini juga diisi dengan Panggung Hiburan prajurit rakyat yang menampilkan artis Palembang serta syukuran dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur, Kapolda dan Kajati Provinsi Sumsel. (Jired). 

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Tidak ada komentar:
Write komentar

Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...