Loading...

Kamis, 15 November 2018

loading...

Batu Lemo Toraja, Objek Wisata Angker Yang Banyak Dikunjungi Turis

    Kamis, November 15, 2018   No comments

Loading...
Objek wisata Lemo yang berlokasi di Tana Toraja. (Foto: doc. Instagram)

SriwijayaAktual.com - Popularitas destinasi wisata yang ada di Tana Toraja sudah terkenal di kalangan turis. Kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini memang terkenal karena budaya unik dan otentik yang masih dipertahankan.
Terutama untuk objek wisata Batu Lemo. Lemo adalah salah satu kompleks makam yang terkenal dengan kuburannya. Peti mati dilekatkan di dinding tebing bukit tinggi.
Peti mati tersebut di letakkan dalam tebing batu kapur. Cara penguburannya di sini adalah dengan melubangi batu, dipahat secara manual. Biasanya, satu lubang diisi oleh satu keluarga dan ditutup kayu.
Objek wisata Lemo menjadi tempat wisata rumah arwah. (Foto: doc. Instagram)

Meski terkesan angker, objek wisata Lemo menjadi tempat wisata rumah arwah, karena situs pemakaman ini sudah ada pada zaman dulu. Di Lemo, Anda akan disajikan pemandangan yang sedikit berbeda. Anda akan melihat jenazah yang sengaja disimpan dalam ruang terbuka, berada di dinding bukit curam.
"Di daerah kalian ada tradisi unik apa? Di Toraja, mereka memiliki cara yang istimewa dan unik dalam menunjukkan penghormatan terakhir untuk orang-orang tercintanya, seperti suku Toraja yang tinggal di utara Makale, Sulawesi Selatan, memercayai bila letaknya makam lebih tinggi maka semakin dekat dengan Tuhan. Oleh sebab itulah, mereka membangun makam di atas tebing batu yang dikenal dengan nama Makam Batu Lemo. Objek wisata Lemo yang berlokasi di Tana Toraja terkenal sebagai rumah para arwah. Lokasi Lemo sendiri tidak jauh dari Kota Makale. Di tempat ini, kita bisa melihat jenazah yang disimpan di ruang terbuka tepatnya berada di dinding bukit yang curam. Tempat makam ini merupakaan perpaduan antara kematian, seni dan ritual. Di beberapa lubang makam terdapat patung-patung pahat berbentuk manusia utuh. Patung-patung pahat ini dinamakan Tao-tao yang dibuat sebagai simbol atau gambaran orang-orang yang berada di lubang tersebut. Selain Lemo, kita juga dapat mengunjungi objek wisata lainnya yang berlokasi tidak jauh dari objek wisata Lemo," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, dikutip Kamis (15/11/2018).
Objek wisata Lemo memiliki pemandangan yang cantik dan otentik. (Foto: doc. Instagram)

Karena pemandangan kuburan ini terbilang unik, tidak heran jika Batu Lemo kerap dikunjungi turis dunia. Kawasan pemakaman ini telah berusia ratusan tahun dan diperkirakan sudah ada sekitar abad ke-16 sebagai tempat pemakaman kepala-kepala suku Toraja.
Berada di kawasan ini, traveler akan melihat puluhan tau-tau (patung replika dari yang meninggal) tersusun rapi di depan liang. Ada makna filosofi yang bisa diambil dari keunikan tau-tau ini, posisi tangan kanan mereka menghadap ke atas sedang yang kiri ke bawah. Telapak tangan ke atas berarti meminta sedang ke bawah artinya memberkati.
Di objek wisata Lemo, puluhan tau-tau (patung replika dari yang meninggal) tersusun rapi di depan liang.

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan selama 7-8 jam dari Makassar. Lokasi Lemo sendiri tidak jauh dari Kota Makale. Untuk menuju kesana, sebaiknya memanfaatkan jasa angkutan umum atau kendaraan pribadi. [i.news]

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...