Loading...

Jumat, 16 November 2018

loading...

woOW!! Penampakan Tol Cisumdawu yang Mirip Track Mainan Hot Wheels

    Jumat, November 16, 2018   No comments

Loading...
Tol Cisumdawu (Foto: Twitter Bina Marga)


SriwijayaAktual.com - Penampakan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Jawa Barat terlihat berbeda dengan jalan tol pada umumnya. Sebab, jalan tol ini mirip track balapan mainan anak yang sedang digandrungi, yakni Hot Wheels.

Jalan tol Cisamdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat. Proyek jalan tol Cisamdawu ini dibangun sepanjang 61,6 kilometer yang dikerjakan BUMN Adhi Karya bersama China Road and Bridge Corporation (CRBC) bertindak sebagai kontraktor.
“Eits... ini bukan track buat hotweels lho! Ini adalah jalan di atas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat,” dikutip dari Twitter Bina Marga Kementerian PUPR, Rabu (14/11/2018).
Tak hanya jalan di atasnya yang unik, jalan tol ini juga memiliki keunikan berupa terowongan kembar yang memiliki panjang 472 meter dan diameter 14meter. Tol Cisumdawu adalah jalan tol pertama yang menggunakan terowongan.

Saat ini, terowongan sisi kiri sudah tembus pada 31 Juli 2018, sedangkan sisi satunya sudah mencapai 392meter dan tak lama lagi akan tembus. Teknologi yang digunakan untuk membuat terowongan adalah metode New Austrian Tunneling Methods (NATM) yang memiliki sistem kerja cut and cover.
Pada proyek Jalan Tol Cisumdawu ini, pembangunan dan pengerjaan terbagi ke dalam enam seksi. Pemerintah pada seksi 1 sampai 2 dan Badan Usaha Jalan Tol pada seksi 3 sampai 6. 

Dengan selesainya Tol Cisumdawu nanti, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Bandung – Sumedang. Sekaligus membagi beban lalu lintas di Jalan Cadas Pangeran yang selalu padat serta akan terkoneksi dengan Tol Cikampek – Palimanan yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. 
Rencananya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 sampai 3 ditargetkan selesai pada akhir 2019. (kmj/OkZ)

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...