Hasil Survey Lembaga ini sebut, Lebih Banyak Emak-emak Yang Dukung Jokowi
Loading...

Hasil Survey Lembaga ini sebut, Lebih Banyak Emak-emak Yang Dukung Jokowi

Tuesday, December 25, 2018, Tuesday, December 25, 2018
loading...
Loading...


SURABAYA-JATIM, SriwijayaAktual.com - Lembaga survei The Initiative Institute menyampaikan hasil survei jika pemilihan presiden (Pilpres) pasangan nomor 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh suara 57,7 Persen, sementara pasangan nomor 02 Prabowo – Sandi hanya mendapatkan 19,7 persen.

"Artinya pasangan Prabowo – Sandi mendapatkan suara lebih kecil dari pemilih yang belum menentukan pilihan yakni 21,1 persen," tutur Airlangga Pribadi Direktur The Initiative Institute di Surabaya, Senin (17/12/2018).

Dia mengatakan, angka yang belum menentukan pilihan masih relatif besar adalah wajar karena waktu coblosan untuk Pilpres masih lama.

"Wajar karena masih lama akan tetapi menurut saya angka-angka ini bisa dijadikan bahan evaluasi bagi kedua pasangan untuk saling membenahi diri," katanya.

Secara umum, responden lebih banyak memilih pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (57 persen – 60 persen) dari pada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (22,4 persen -17,6 persen).

Responden wanita yang memilih pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin lebih besar 2,9 persen dari pada responden laki-laki. Hal sebaliknya terjadi pada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dimana responden laki-laki lebih banyak 4,7 persen dari pada responden.

Hari Fitrianto, Peneliti dari The Initiative Institute menerangkan, bahwa klaim emak-emak yang sudah mendukung pasangan Prabowo-Sandi terbantahkan oleh survei ini.

"Buktinya suara perempuan yang memilih Jokowi dalam survei ini masih jauh dibandingkan dengan suara perempuan untuk Prabowo-Sandi," tutur Hari Fitriyanto.

Makanya Tim Prabowo-Sandi tidak jadi menjadikan Jatim sebagai posko pemenangan utama. "Apalagi Madura juga sudah selesai dengan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Makanya mereka mengalihkan posko utamanya di Jawa Tengah karena di Jatim dianggap sudah tidak menguntungkan lagi," Tandasnya. [*

TerPopuler

close
loading...