Fenomena Alam Terjadi lagi, Pantai Sundak Terbelah Dua
Loading...

Fenomena Alam Terjadi lagi, Pantai Sundak Terbelah Dua

31 January 2019,
loading...
Terdampak banjir Pantai Sundak terbelah dua. (Foto : Bambang Purwanto)



KUNUNGKIDUL-DI YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com - Banjir di kawasan Pantai Sundak Kecamatan Tepus, Gunungkidul, menggenangi sejumlah kios dan rumah warga berdampak cukup parah. Area pantai yang biasa jadi tempat wisatawan menikmati pemandangan laut selatan kini terbelah dua. Fenomena itu diduga terjadi akibat aliran deras dari bukit dan ladang sekitar Pantai Sundak dan lantaran tidak adanya drainase yang laik untuk menampung aliran air di lokasi tersebut.

“Dari sejumlah kejadian serupa tiap tahun, banjir kali ini tercatat paling parah hingga merusak kawasan pantai,” kata Ketua II Pokdarwis Pantai Sundak,Tepus, Gunungkidul Mugiat, Kamis (24/1/2019) dilansir KRjogja.

Tidak hanya menggenangi kios dan sejumlah permukiman warga tetapi genangan air yang berada di dataran yang lebih tinggi di sekitar kawasan parkir serta warung milik warga tidak bisa mengalir lancar karena tidak adanya drainase. Akibatnya, air meluap menuju laut.

Aliran air inilah yang kemudian menggerus pasir putih kembali ke laut. Bahkan akibat gerusan air tersebut, kawasan pasir putih di Pantai Sundak terbelah hingga menyerupai sungai lantaran air yang mengalir cukup deras.

"Fenomena seperti ini butuh waktu sekitar 3-4 bulan bisa tertutup kembali, terutama setelah terjadi gelombang tinggi. Dari kejadian tersebut pemerintah hendaknya bisa melengkapi drainase agar banjir serupa tidak berdampak merusak kawasan pantai,” imbuhnya.

Saat ini lokasi yang mirip sungai itu cukup berbahaya bagi wisatawan, karena itu pihaknya bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengimbau kepada pengunjung untuk menjauhi kawasan tersebut. Karena dengan kondisi tersebut sangat berisiko dan jika terjadi hujan deras rawan terjadi kecelakaan laut. Beruntung saat kejadian kawasan Pantai Sundak Kecamatan Tepus ini tidak sedang banyak dikunjungi wisatawan sehingga tidak menimbulkan korban.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Drs Edy Basuki MSi mengingatkan agar wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gunungkidul meningkatkan kewaspadaan. Sejalan dengan terjadinya puncak musim penghujan akan ditandai dengan meningkatnya intensitas curah hujan yang sering disertai angin kencang maupun petir. (*)


TerPopuler

Loading...