Soft Opening Ceremony Jembatan Musi IV Kota Palembang
Loading...

Soft Opening Ceremony Jembatan Musi IV Kota Palembang

Tuesday, January 8, 2019, Tuesday, January 08, 2019
Loading...
loading...


PALEMBANG, SriwijayaAktual.com - Keberadaan jembatan ini merupakan salah satu solusi yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dibantu Pemerintah Provinsi dan Kementrian PU, dalam mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi di Ampera.

"Setelah ini diresmikan, maka jembatan ini akan beroperasi secara penuh oleh masyarakat," ujarnya Walikota Palembang H. Harnojoyo dalam memberikan kata sambutan sekaligus peresmian Soft Opening Ceremony Jembatan Musi IV, Selasa (8/1/2019)

Tampak dalam Soft Opening Ceremony Jembatan Musi IV  dihadiri, diantaranta: Yudian Budi Krisna (Kepala Satuan Kerja/Kasatker Pelaksana Jalan Metropolitan BBPJN V), Kiagus Syaiful Anwar (Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Kementerian PU dan Perumahan Rakyat/PUPR),  Suwarno (Pejabat Pembuat Komitmen/PPK Jembatan Musi IV), Budi (Kepala Dinas PU BM Sumsel) Kurniawan (Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang), H Darmawan (Ketua DPRD Kota Palembang), Asmadi (Kejari Kota Palembang), Asmawati (Anggota DPD RI asal Sumsel/Caleg DPD RI 2019 Asal Sumsel) Kombes Pol M Taslim Chairuddin (Dirlantas Polda Sumsel),  Kombes Pol Wahyu Bintono Haribawono (Kapolresta Palembang), Letkol.Inf  Honi Havana (Komandan Kodim/Dandim 0418/Paalembang), Kol Laut (P) Dwi Prasetyo (Danlanal Kota Palembang),  dan Dinas Terkait di Kota Palembang,

Lanjutnya Harnojoyo Dalam sambutanya  juga,  mengatakan Terkait kendala belum tuntasnya pembebasan lahan warga, pihaknya bersama instansi dan pihak terkait sudah menyiapkan. Hanya tinggal teknis pembayaranya saja.
"Terkait arus lalu lintas beroperasinya Jembatan Musi IV, sudah di Analisa kemacetan dan solusinya oleh institusi atai institusi terkait.Ujarnya

Selain itu, Meminta kepada Pemerintah Pusat untuk pembangunan Jembatan Musi III, yang terhubung dekat  di wilayah pulau kemaro. Namun sesuai lokasi yang kurang memungkinkan, minta diganti pembangunanya berbentuk terowongan musi III  saja.  “Hal itu tentunya jikalau proyek pembangunan Musi V, VI dan fly over sudah selesai dulu.”Harapnya
 
Menurutnya, Tidak gampang kita membuat jembatan, tahun 1962  Jembatan Ampera, dua puluh tahun kemudian atau tahun 1982 Jembatan Musi II dan baru sekarang kita menambah lagi jembatan, dari duplikat Musi II, Musi IV dan Musi VI. Jadi tolong dijaga dan dimanfaatkan dengan baik," tandasnya Harnojoyo.

Sebagaimana diketahui, Jembatan Musi IV dibangun menggunakan penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM). SHSM sendiri digunakan untuk memonitor kesehatan konstruksi pada jembatan. 

Selain itu, ada pula alat monitor untuk mengirimkan informasi ke pusat data secara online setiap 20 menit. Dengan begitu jembatan dapat terus dipantau kelayakannya.

Jembatan yang menghubungkan Ulu dan Ilir Kota Palembang ini pun memiliki daya tahan hingga 100 tahun dan lebih tahan gempa.
Panjang jembatan lebih dari 1.300 meter dengan lebar 12 meter dengan luasi sisi kanan dan kiri masing-masing 4 meter dan telah menelan dana sekitar Rp 553 miliar selama pembangunan 4 tahun terakhir ini. [jired]
 

TerPopuler

close
Loading...