Loading...

Jumat, 04 Januari 2019

loading...

woOW!! Ilmuwan Eropa Klaim Temukan Bumi Baru yang Bisa Bikin 'Auto Sultan', Kaya Tujuh Turunan! ini Faktanya!

    Jumat, Januari 04, 2019   No comments

Loading...
image Source jabar.tribunnews.com

Kamu Mendarat Disini Langsung Auto Sultan!


SriwijayaAktual.com - Bumi adalah salah satu planet terindah di tata surya, dengan gradasi warna biru dan putihnya membuatnya semakin indah nampak dari satelit luar angkasa. Namun sekelompok ilmuwan Eropa dalam laporan bulanannya yang diterbitkan oleh Royal Astronomical Society menemukan sebuah planet baru yang indah. 

Keindahan Bumi dari satelit luar angkasa, via Google.com

Didalam penuturan mereka, planet tersebut berlimpah dengan batu rubi dan batu safir yang harganya selangit, bisa mencapai Rp 35 juta. Bisa dibilang planet tersebut adalah “Hotman Paris” versi planet ya. 

Penemuan planet ini bermula saat para astronom menyelidiki jenis kimia dan kondisi yang timbul dari planet yang berbatu. Tujuan awal penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana planet berbatu itu terbentuk. Penelitian ini dilakukan oleh astronom dari University of Cambridge, Amy Bonsor dan timnya. 

Hasil penelitiannya tersebut menunjukkan hasil bahwa bahan seperti kalsium dan alumunium lazim ditemukan di planet berbatu. Sampai akhirnya pencarian Bonsor menemukan HD219134b, sebuah Bumi-Super yang penuh dengan batu rubi dan safir. 

Ilustrasi bumi-super, via tribunnews.com

Dilansir dari Tribunnews.com, jarak planet ini adalah 21 tahun cahaya dari rasi bintang Cassiopedia. Orbit planet ini berlangsung hanya selama tiga hari untuk mencapai satu kali mengelilingi bintang induknya. 

Planet ini juga disebut sebagai Bumi-Super karena memang memiliki kemiripan dengan planet yang kita tinggali ini. Bedanya adalah planet Bumi-Super memiliki 10-20 persen lebih kepadatan dibandingkan dengan bumi. 

Planet Bumi-Super ini juga memiliki suhu yang tinggi untuk membantu pembentukan batu permata. Hal inilah yang membuat para ilmuwan Eropa ini yakin bahwa planet tersebut penuh dengan batu rui dan safir. 

Tak berhenti sampai sini, Bonsor dan timnya berencana untuk menemukan lebih banyak kandidat planet ekstrasurya yang memiliki jenis komposisi kimia serupa dengan Bumi-Super. Rencana tersebut langsung direspon dari misi PLATO, sebuah survei planet ekstrasurya yang dipelopori Badan Antariksa Eropa. 

Tujuan utamanya adalah menggunakan hasil penemuan penelitian ini untuk memodelkan bagaimana koleksi primitive dari bahan-bahan ini perlahan bertumbuh dan berkembang menjadi sebuah planet utuh. 

Akhir kata,
Penemuan ini bisa saja menjadi solusi buat orang yang ingin kaya tapi gakmau kerja, bilang aja, “Sana pergi ke planet HD219134b”. Hmm tuh namanya aja udah susah apalagi mikir kesananya ya. Pokoknya yang bisa kesana auto jadi sultan lah, tapi jualnya dimana ya kalau gak di bumi? Disana gak laku sih batu safir sama rubi hehe.... [**] 

"HEBOH! KLIK BACA JUGA DIBAWAH INI:
loading...

About Redaksi Sriwijaya Aktual

Sumber Informasi Realita Tajam dan Terpercaya.

loading...
Previous
Next Post
Langganan berita terbaru

Lengkapi form di bawah ini, dan dapatkan update berita terbaru dari kami.

Deliver via FeedBurner
Loading...