Baru saja Empat Hari Kampanye Akbar, Capres Siapa Unggul?
Loading...

Baru saja Empat Hari Kampanye Akbar, Capres Siapa Unggul?

Thursday, March 28, 2019, Thursday, March 28, 2019
loading...
Loading...
Kolase Foto/Istimewa

SriwijayaAktual.com - Empat hari kampanye terbuka capres-cawapres telah berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia. Publik dapat melihat narasi yang disampaikan capres-cawapres termasuk berapa jumlah massa yang hadir dalam perhelatan massal tersebut. Siapa unggul antara 01 dan 02?

Kampanye terbuka yang dilakukan paslon peserta pilpres 2019 menjadi salah satu kunci untuk menentukan siapa pemenang dalam kontestasi ini. Pengamat komunikasi politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Haryanto menyebutkan kampanye terbuka memiliki empat tujuan yang cukup penting.

"Menguatkan narasi, mengontrol opini negatif yang biasanya berhamburan di fase akhir pertarungan, meneguhkan kepercayaan diri dengan menunjukkan dukungan serta terakhir mengelola tren naiknya tingkat keterpilihan," sebut Gun Gun, Rabu (27/3/2019) dilansir inilah.com.

Jika melihat empat hari kampanye terbuka atau rapat umum yang digelar oleh para kandidat capres-cawapres, gagasan yang disampaikan kepada masyarakat tidak jauh berbeda dengan gagasan yang selama ini dimunculkan.

Seperti Capres nomor 01 yang menjual program tiga kartu baru yakni Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, serta Kartu Sembako Murah. Tiga kartu andalan itu pernah disampaikan dalam kesempatan debat capres maupun cawapres.

Menariknya, dalam momentum rapat umum ini, Jokowi tak lupa menyampaikan narasi soal perlawanannya terhadap berita hoaks. Setidaknya di tiga lokasi kampanye terbuka, Jokowi menggaungkan perlawanan terhadap berita hoaks. Dimulai saat kampanye di Yogyakarta, Serang, Banten dilanjutkan di Malang, Jawa Timur.

Soal massa peserta rapat umum, di tiap-tiap daerah bervariasi jumlah pesertanya. Tidak ada laporan khusus dari panitia soal jumlah peserta yang hadir di tiap-tiap lokasi kampanye terbuka. Rapat umum yang dilakukan di Yogyakarta akhir pekan lalu serta di Dumai, Riau Rabu (26/3/2019) kemarin tergolong paling banyak bila dibandingkan peserta saat rapat umum saat dilakukan di Serang, Bali, Jember, Malang, termasuk di Aceh. Adapun kampanye yang dilakukan cawapres 01 Ma'ruf Amin lebih banyak dilakukan di komunitas nahdliyin, basis Ma'ruf berasal.

Sementara Paslon nomor urut 02, Pabowo-Sandi masih konsisten di isu seputaran ekonomi seperti persoalan listrik, harga sembako, termasuk persoalan lapangan pekerjaan. Soal jumlah massa yang hadir, panitia acara rapat umum di kubu 02 tergolong cukup siap.

Setidaknya kampanye yang terjadi di Makassar, Lombok, NTB, Bali hingga Merauke yang diikuti Prabowo Subianto diikuti oleh massa yang sangat banyak membludak seperti 'menggemparkan bumi'. Padahal, daerah-daerah yang dikunjungi Prabowo tersebut sebelumnya dikenal sebagai basis wilayah Jokowi. Tim kampanye Prabowo tergolong siap dengan menyiapkan angle foto dan video yang menarik perhatian massa yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut.

Begitu juga kampanye Sandi yang lebih banyak menyasar generasi millenial juga diikuti oleh banyak -membludak peserta. Seperti yang terjadi di Lamongan, Sandi menggandeng grup Sabyan Gambus menambah minat kehadiran generasi millenial.

Empat hari kampanye terbuka atau kampanye akbar para kandidat capres-cawapres secara kasat mata telah menampilkan performa tim kampanye masing-masing tim. Termasuk bagaimana respons publik atas sajian dan materi yang disampaikan masing-masing kandidat. Meski, empat hari belum bisa menentukan siapa yang unggul.

Namun bila melihat tren yang terjadi di lapangan selama empat hari terakhir ini, tim kampanye Paslon Nomor urut 02 lebih loyal cetar membahana dan siapfull dalam menggelar kampanye. Indikator paling nyata soal keterlibatan massa yang massif banyak-membludak hampir di sejumlah kota penyelenggaran rapat umum atau kampanye akbar tersebut, meskipun di kandang Capres Jokowi. [*]

TerPopuler

close
loading...