Menang di Quick Count, Jokowi: Akurasinya 99,9 Persen
Loading...

Menang di Quick Count, Jokowi: Akurasinya 99,9 Persen

18 April 2019,
Loading...
loading...
Foto/Istimewa/Medsos

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Capres RI petahana Joko Widodo meyakini akurasi dari setiap metode quick count atau perhitungan cepat yang dilakukan untuk memprediksi hasil Pemilu 2019 akan tinggi.


Menurut mantan gubernur DKI ini, berdasarkan pengalamannya di banyak pemilihan, lembaga-lembaga survei memiliki metode ilmiah yang mumpuni untuk secara akurat memprediksi pemenang sebuah Pemilu.

"Dari pengalaman-pengalaman Pemilu yang lalu, akurasinya 99 persen, hampir sama nanti dengan (hasil) perhitingan real count," ujar Jokowi usai pertemuan dengan para ketum parpol koalisi pendukung di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (18/4/2019).

Dengan demikian, Jokowi menyampaikan, hasil-hasil quick count di Pilpres 2019 yang mayoritas memenangkan dirinya dan pasangannya, cawapres bernomor urut 01 Ma'ruf Amin, diyakini akan akurat juga. 12 lembaga survei arus utama rata-rata memproyeksi raihan suara Jokowi-Ma'ruf adalah 54,5 persen. Sementara Prabowo-Sandi, 45,5 persen.

"Kalau kemarin (dalam acara pasca-pemungutan suara di Djakarta Theatre) saya tidak memberikan angkanya karena (data-data quick count) masih di bawah 70 persen. Tapi hari ini karena sudah mencapai hampir seratus persen, kami menyampaikan angka itu," ujar Jokowi. 

Meski demikian, Jokowi menegaskan, ia dan segenap pendukung tetap harus menunggu pengumuman hasil resmi dari KPU. KPU direncanakan mengumumkan hasil Pilpres 2019 pada Mei nanti.

"Kita juga akan terus menunggu, menanti hasil perhitungan suara oleh KPU, perhitungan resmi dari KPU, yang kita harapkan juga secepatnya bisa diselesaikan," ujar Jokowi. [viva]


TerPopuler