Surat "Pupus"? Menyentuh Ketua PSI Grace Natalie, 'We Shall Return Soon'
Loading...

Surat "Pupus"? Menyentuh Ketua PSI Grace Natalie, 'We Shall Return Soon'

Wednesday, April 17, 2019, Wednesday, April 17, 2019
loading...
Loading...

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Pemilu Indonesia tahun 2019 diikuti oleh 20 partai. Termasuk 4 partai lokal yang ada di Aceh dan juga 16 partai nasional. Menjadi bagian dari DPR adalah tujuan dari masing-masing partai tersebut.

Untuk mencapainya, parliamentary threshold (ambang batas perolehan suara minimal) harus dicapai. Partai politik harus mencapai paling tidak 4 persen suara dari seluruh suara yang dinyatakan sah untuk duduk di kursi DPR.

Salah satu partai baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), juga memiliki tujuan yang sama. Sayangnya, melalui hasil perhitungan cepat atau Quick Count, kesempatan tersebut harus pupus. Partai yang memiliki lambang warna dasar merah ini hanya mencapai 2 persen suara atau sekitar 3 juta suara. Sehingga untuk lima tahun ke depan, PSI tidak akan duduk di Senayan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSI Grace Natalie menuliskan surat dengan judul “Setelah Kami Kalah” yang ditujukan untuk seluruh kader dan masyarakat Indonesia.

Dilansir dari unggahan @daranasution11 di twitter, lengkap beserta foto suratnya, Surat tersebut juga memberi selamat kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin atas kemenangannya di penghitungan cepat dengan selisih 10 persen dari capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Kami telah berjuang dengan apa yang kami bisa. Tidak kami tak akan menyalahkan siapa-siapa,” tulis Grace dalam suratnya.

Lebih lengkap Grace menyebut tak menyalahkan kadernya dan justru berterima kasih kepada semua yang sudah berjuang untuk PSI. Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh pengurus dan caleg yang tidak masuk parliamentary threshold untuk tidak putus asa dan terus berjuang.

“Tak ada suara terbuang, tak ada suara yang sia-sia,” tulis Grace untuk para yang sudah memilih PSI dalam pemilu kali ini.

Grace menyebut seluruh caleg dan pengurus PSI akan terus bertekad untuk memperjuangkannya dengan bekerja sama dengan Civil Society dan media. Ia juga menyebut PSI percaya suara tersebut adalah suara rakyat yang menginginkan perbaikan parlemen dan partai politik.

“Kepada teman-teman partai lain yang lolos ke DPR, kami mengucapkan selamat,” lanjut Grace dalam suratnya.

Selain mengucapkan selamat, Grace juga berpesan untuk para caleg agar terus menunaikan amanah karena mereka akan terus mengawasi dan mengawal. Ia juga meminta para pemilih yang sudah memilih PSI untuk segera mendaftar menjadi anggota partai tersebut lewat website resmi partai.

"PSI akan segera menyapa rakyat. Bukan lima tahun lagi, tapi besok!" tulisnya.
Untuk menutup suratnya Grace menulis dengan bahasa Inggris, "We shall return, soon!". [*]

TerPopuler

close
loading...