Jika Diserang Spyware, Coba Intip 4 Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp
Loading...

Jika Diserang Spyware, Coba Intip 4 Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp

Sunday, May 19, 2019, Sunday, May 19, 2019
loading...
Loading...
Ilustrasi

SriwijayaAktual.com - WhatsApp menjadi aplikasi layanan pesanan favorit dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna di 180 negara. Sebelumnya, akuisisi Facebook atas WhatsApp pada 2014 membuat para pakar privasi dan pengguna yang sadar akan keamanan khawatir.

Facebook dan aplikasi pihak ke-3nya terlibat dalam beberapa pelanggaran keamanan, mengakibatkan ribuan informasi pribadi pengguna bocor. Namun, WhatsApp selalu bersikeras bahwa mereka adalah aplikasi terpisah, yang didedikasikan untuk membuat dan memelihara layanan pesan aman.

Sayangnya, Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan tiga platform perpesanan terpisah. Mereka berencana untuk menggabungkan fungsi-fungsi pesan Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram , yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan antara ketiga jaringan.

Sebuah sumber mengkonfirmasi bahwa rencana saat ini akan mencakup meluncurkan enkripsi end-to-en di ketiga platform. Secara teori, ini akan membuat Facebook Messenger dan Instagram seaman WhatsApp.
Namun, ini juga bisa membuat WhatsApp jauh lebih tidak aman, sehingga sesuai dengan standar platform lain. Kemudian, belum lama ini juga WhatsApp diterpa serangan Spyware yang membuat penyerang mampu mengendalikan ponsel pengguna. Kali ini Okezone akan memberikan 4 rekomendasi aplikasi perpesanan selain WhatsApp:

1.Signal
Signal merupakan aplikasi perpesanan seluler mirip WhatsApp yang gratis. Aplikasi ini juga diklaim memiliki enkripsi yang kuat. Seperti kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya, Signal juga sangat mudah digunakan. Aplikasi juga menawarkan panggilan suara dan video, seperti yang ditawarkan WhatsApp.

Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi di komputer dan juga ponsel. Setiap pesan dienkripsi, sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya. Pesan benar-benar tidak dapat dibaca oleh peretas. Sinyal menggunakan enkripsi open-source , yang memungkinkan para ahli untuk mengujinya dan menemukan bug. Ini membuat aplikasi diklaim lebih aman.

Pengguna dapat memilih untuk membiarkan pesan menghilang dengan mengatur interval waktu untuk penghapusan otomatis. Ini menjamin privasi, bahkan jika orang lain memiliki akses ke telepon pengguna. Sayangnya, Signal tidak memiliki emoji animasi. Namun, pengguna dapat mengimpor emoji perangkat ke dalam aplikasi. 

2. Threema
Threema menjanjikan privasi lengkap. Daftar kontak dan informasi grup pengguna disimpan hanya di ponsel, bukan di aplikasi. Pesan dihapus segera setelah dikirim. Selain itu, alih-alih menggunakan nomor ponsel, pengguna dapat terhubung ke orang-orang yang menggunakan ID Threema. Metode ini diklaim lebih jauh melindungi privasi pengguna. 

Selain itu, pengguna dapat memverifikasi kontak dengan kode QR unik. Seperti WhatsAppm Threema menyediakan enkripsi end-to-end untuk semua jenis pesan, termasuk teks, panggilan suara, file bersama, dan obrolan grup. Bahkan mengenkripsi pesan status pengguna sehingga tidak ada yang dapat melacak apa yang pengguna posting. Pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang dituju. 

Anda dapat menggunakan Threema di browser dengan aman. Seperti WhatsApp, aplikasi ini menawarkan fitur format, serta mengirim lokasi dan file. Tidak seperti WhatsApp, pengguna dapat membuat polling dan meninggalkan umpan balik "suka" pada pesan individual. Menariknya, pengguna bahkan dapat menyembunyikan obrolan tertentu dan melindunginya dengan kata sandi. 

3. Telegram
Telegram memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif, sehingga aplikasi ini menjadi alternatif populer untuk WhatsApp. Aplikasi ini berbasis pada cloud yang bekerja di beberapa platform . Mirip dengan WhatsApp, ini menggunakan sistem centang dua kali untuk melihat ketika seseorang menerima pesan. 

Aplikasi ini memiliki enkripsi end-to-end default untuk panggilan suara , memastikan bahwa tidak ada yang bisa mendengarkan panggilan pengguna. Namun, enkripsi untuk pesan harus diaktifkan secara manual untuk mencegah penyimpanan. 

Seperti Signal, Telegram menawarkan kemampuan untuk menghapus pesan secara otomatis setelah waktu tertentu. Ini juga mendukung berbagi file multimedia.

4. Wire
Aplikasi ini dilindungi oleh undang-undang penyimpanan data Eropa. Wire diklaim menjadi aplikasi perpesanan yang aman dengan enkripsi end-to-end. Aplikasi ini juga menawarkan aplikasi gratis dan paket bisnis berbayar dengan dukungan dan fitur tambahan. Wire menawarkan komunikasi suara dan video yang jelas. 

Wire menawarkan 1: 1 dan berbagi layar grup. Ini juga mendukung berbagi file multimedia dan penyaringan audio. Kemudian, di dalam aplikasi pengguna dapat memformat teks dengan huruf tebal dan miring, dan membuat daftar di dalam obrolan. Pengguna juga akan dapat mengoptimalkan ukuran file untuk berbagi yang mudah , dan mengatur timer untuk menghapus pesan untuk privasi tambahan.

Nah, itulah keempat aplikasi perpesanan selain WhatsApp yang bisa menjadi alternatif untuk Anda.[ahl/okz] 

TerPopuler

close
loading...