Eks Komandan Tim Mawar Adukan Majalah Tempo ke Dewan Pers, "Rusuh Aksi 21-22 Mei"
Loading...

Eks Komandan Tim Mawar Adukan Majalah Tempo ke Dewan Pers, "Rusuh Aksi 21-22 Mei"

Tuesday, June 11, 2019, Tuesday, June 11, 2019
loading...
Loading...
Mantan Komandan Tim Mawar Mayjen Purnawirawan Chairawan (dua kanan) ditemani tim kuasa hukumnya memberi keterangan pers di Jakarta, Selasa (11/6/2019). Chairawan mengadukan pemberitaan Majalah Tempo terkait kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang mengaitkannya dengan Tim Mawar. (Liputan6.com/JohanTallo)

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Bersama pengacaranya, mantan Komandan Tim Mawar Mayjen Purn Chairawan mengadukan Majalah Tempo ke Dewan Pers. Pengaduan ini soal pemberitaan yang mengaitkan Tim Mawar dengan rusuh 21-22 Mei 2019.

"Kami di sini melakukan pelaporan, kami kuasa hukum Pak Chairawan secara pribadi. Melakukan pelaporan terhadap pemberitaan Majalah Tempo," kata Herdiansyah, salah seorang pengacara Chairawan, dalam konferensi pers terbuka setelah melakukan pelaporan, Selasa (11/6/2019).

Chairawan turut hadir dalam konferensi pers ini. Konten yang diadukan Chairawan adalah pemberitaan Majalah Tempo Edisi 10 Juni 2019 yang mengangkat cover utama tentang 'Tim Mawar dan Rusuh Sarinah'. Chairawan merasa dirugikan oleh pemberitaan itu.

"Di sini beliau merasa dirugikan secara pribadi karena beliau eks Tim Mawar, yang menurut beliau pemberitaan langsung men-judge bahwa Tim Mawar terlibat dalam kerusuhan 21-22 Mei. Karena belum ada putusan pengadilan maupun penyelidikan yang menyatakan Tim Mawar terlibat dalam kerusuhan 21-22 Mei," kata Herdiansyah.

Chairawan dan tim pengacaranya lantas meminta Dewan Pers menjatuhkan sanksi kepada Majalah Tempo. Di sisi lain, mereka juga meminta majalah tersebut menurunkan berita itu dan meminta maaf.

"Karena merugikan Saudara Chairawan selaku klien kami dan juga Letnan Kolonel Fauka Noor Farid," tutur Herdiansyah.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Bangun, yang juga hadir dalam konferensi pers tersebut, menyatakan pihaknya akan mendalami aduan pengacara Chairawan tersebut.

"Ini yang kami cek apakah berita itu ke arah sana. Kita punya analis yang mengecek satu per satu kalimat demi kalimat," tutur Hendri. 




*Majalah Tempo Hargai Langkah Eks Komandan Tim Mawar Melapor ke Dewan Pers
Sementara itu secara terpisah, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli, mengatakan pihaknya menghargai langkah eks Komandan Tim Mawar Kopassus, Mayjen Purnawirawan Chairawan, yang melaporkan produk jurnalistik Majalah Tempo ke Dewan Pers.

"Tempo menghargai langkah hukum dari nara sumber atau publik yang mempersoalkan liputan Tempo. Sesuai undang undang, Dewan Pers yang berwenang memediasi. Kami akan mengikuti proses di Dewan Pers," kata Arif kepada wartawan dilansir Liputan6.com, Selasa (11/6/2019).

Menurut Arif, Tempo tidak keberatan dengan langkah pelaporan yang dilakukan Chairawan ke Dewan Pers hari ini.

"Prinsipnya kami tidak keberatan. Tidak masalah karena itu hak hukum yang diatur undang-undang. Kita Positif saja, terbuka," ujar Azul, sapaan Arif Zulkifli. (detik/fjp/liputan6)

 

TerPopuler

close
loading...