Aneh & Viral!! Muncul Air Bersih Menyembur Kuat Deras Dari Lahan Kekeringan
Loading...

Aneh & Viral!! Muncul Air Bersih Menyembur Kuat Deras Dari Lahan Kekeringan

22 August 2019,
loading...
Dilokasi [Foto: Bambang Purwanto/KRJogja]

GUNUNG KIDUL-DI YOGYAKARTA, SriwijayaAktual.com – Fenomena alam air menyembur dari dalam tanah terjadi di kawasan lahan tandus Dusun Widoro Lor, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunungkidul. Kejadian ini menjadi pusat perhatian warga hingga viral di media sosial Rabu (21/8/2019).

Semburan air yang berawal dari usaha pengeboran sumur tersebut disambut suka-cita warga sekitar yang berharap semburan air dari dalam tanah tanpa menggunakan bantuan mesin bisa mengatasi persoalan air di sejumlah desa sekitarnya.

“Kami tidak menduga jika dari sumur bor ini kemudian muncul semburan air cukup kuat dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Suryadi pemilik lahan sekaligus yang pertama melakukan usaha pengeboran Rabu (21/8/2019) seperti dikutip dari KRJogja.com.

Suyadi warga Dusun Garotan, Desa Bendung, Semin, Gunungkidul ini melakukan pengeboran tanah dengan maksud untuk membuat sumur, tidak dilakukan sendiri tetapi meminta bantuan dari penyedia jasa pengeboran sumur. Sedangkan pengeboran dilakukan namun belum juga menunjukan adanya tanda-tanda kemunculan air.

Baru sekitar pukul 16.00 WIB, ketika mereka beristirahat, air tiba-tiba menyembur dari dalam tanah melalui titik lokasi pengeboran. Padahal biasanya untuk kawasan desa ini air baru bisa didapat sekitar pengeboran, pada kedalaman 100 meter.

“Sebelumnya kami tidak percaya jika air yang muncul dari kedalaman sekitar 60 meter ini benar-benar air yang selama ini kita cari,” imbuhnya.

Pascakejadian ini, lokasi kejadian banyak dikunjungi orang untuk melihat fenomena alam yang sebelumnya tidak pernah terjadi. Bahkan untuk mendapatkan sumber air, warga harus melakukan pengeboran antara 80-100 meter. Hingga Rabu (21/8/2019), air yang muncul ke permukaan dengan debit air cukup besar itu masih menjadi tontonan warga. Pasalnya di sekitar lokasi tidak ditemukan adanya sumur, tanah-tanah persawahan tadah hujan pun sudah mulai merekah.

Karena sebagian warga di lokasi tersebut juga tengah dilanda kurang air, maka banyak warga yang datang dengan membawa jerigen guna menampung air dari semburan sumur bor tersebut. “Kita berharap semburan air ini bisa berlangsung terus dan dapat dimanfaatkan petani disekitar untuk mgairi ladang pertanian,” kata Suryadi.

Ditambahkan Suryadi, sebelumnya ia berniat untuk membuat sumur bor dengan harapan bisa untuk mencukupi kebutuhan air bagi keluarganya danuntuk kepentingan menyirami tanaman manakala mengalami kekeringan.

Sedangkan biaya untuk membuat sumur bor ini sebesar Rp 6 juta melalui seorang penyedia jasa pembuatan sumur bor. Dia sendiri juga tidak menduga jika pada kedalaman 60 meter air justru keluar dengan debit cukup kuat. Harapannya dengan keberadaan air dari dalam tanah ini bisa membawa kemakmuran warga setempat.[*]

TerPopuler

Loading...