Happy Ending Enzo Allie, Catar Akmil Segudang Prestasi Yang Sempat Jadi Kontroversi
Loading...

Happy Ending Enzo Allie, Catar Akmil Segudang Prestasi Yang Sempat Jadi Kontroversi

14 Agustus 2019,
loading...
Enzo/Istimewa

SriwijayaAktual.com - Dari mulai dipuji hingga menjadi kontroversi karena melibatkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Calon  Taruna (Catar) Akademi Militer (Akmil) berprestasi Enzo Zenz Allie mungkin dapat memanfaatkan lega. Polemik tentangnya pupus usai berhasil lulus dalam tes obyektif untuk mengukur tingkat pencapaian bernegara.

Awal Enzo dituding terpapar paham radikalisme karena fotonya membawa bendera HTI viral. Sejak itu, sorotan terhadapnya semakin bertubi. Bahkan, anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD sempat menilai TNI dalam proses pemilihan penerimaan Enzo.

Badan Intelijen Negara (BIN) pun ikut memverifikasi dan meminta TNI melakukan verifikasi. Akhirnya, untuk menghentikan polemik itu, TNI AD melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan fakta sebenarnya, tapi enggak cuma untuk Enzo, lebih baik untuk semua calon prajurit TNI.

Dan pada Selasa, 13 Agustus 2019, hasil tes keluar. Cowok 18 tahun berdarah Prancis-Indonesia dengan segudang prestasi itu enggak akan didepak dari Akmil bersama dengan memenangkan taruna Akmil lainnya. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Staf TNI Angkata Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.  

"Kami Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna Akademi Mililter yang kami terima beberapa waktu lalu, berjumlah 364 orang," katanya di Mabes AD, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019, seperti dilansir dari Vivanews .

Hasil tes terbuka, indeks moderasi bernegara cowok yang menguasai lima bahasa itu 5,9 dari 7. Jika partisipasi menjadi persentase, skorsnya mencapai 84 6persen.

Andika pun menyetujui tes yang valid dan meyakinkan. Pasalnya, mereka telah menggunakan instrumen tes untuk memastikan kesadaran para taruna selama bertambah tahun.  
Andika juga meminta agar taruna yang jago ngaji itu bisa lulus dari pendidikan Akmil di Magelang, Jawa Tengah bersama dengan 363 taruna lainnya. "Harapan saya, Enzo dan teman-teman yang lulus pada tahap awal," katanya.

Menurut dia, kelulusan 364 taruna Akmil 2019 termasuk Enzo akan semakin menguatkan peran TNI. Mereka akan mendapat peran penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjamin kehidupan beragama yang beraneka ragam serta menjunjung nilai-nilai, keadilan, dan persatuan. [*]

TerPopuler

Loading...