Mahathir dan Pemuda Jepang Nyanyi Lagu Indonesia Rasa Sayange
Loading...

Mahathir dan Pemuda Jepang Nyanyi Lagu Indonesia Rasa Sayange

09 Agustus 2019,
loading...
capture/videonya

SriwijayaAktual.com - Perdana Menteri Mahathir Mohamad bergandengan tangan bersama pemuda di Jepang sambil menyanyikan Rasa Sayange, lagu daerah yang sempat diklaim oleh Malaysia hingga memicu ketegangan dengan Indonesia.

Momen ini terekam dalam fitur InstaStory yang diunggah melalui Instagram resmi Mahathir, @chedetofficial.

Dalam video itu, Mahathir terlihat menyanyikan lagu Rasa Sayange bersama istrinya, Siti Hasmah, sambil mengayunkan gandengan tangan dengan satu barisan remaja.

Mahathir tak memberikan keterangan mengenai lokasi dan identitas para remaja tersebut. Namun, dalam InstaStory itu terlihat tulisan Global Arena, salah satu gedung terkenal di Fukuoka, Jepang.

Mahathir memang sedang melakukan lawatan ke Jepang selama dua hari sejak kemarin, Rabu (7/8/2019). Di sela kunjungannya, Mahathir menerima gelar Honorary Doctorate dari International University of Japan (IUJ).

Acara penyerahan gelar tersebut memang dihelat di Fukuoka. Namun, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menolak mengonfirmasi dengan dalih tak ada perwakilan mereka di lokasi.

Lagu Rasa Sayange sendiri sempat memicu ketegangan hubungan antara Indonesia dan Malaysia pada 2007 lalu.

Kala itu, Kementerian Pariwisata Malaysia menggunakan lagu Rasa Sayange untuk mempromosikan turisme negaranya. Indonesia pun berang.

Menteri Pariwisata Malaysia saat itu, Adnan Tengku Mansor, lantas membela diri dengan mengatakan bahwa Rasa Sayange merupakan lagu Kepulauan Nusantara.

Namun, Karel Albert Ralahalu selaku Gubernur Maluku kala itu berkeras bahwa Rasa Sayange milik Indonesia. Menurutnya, lagu itu sudah membudaya di Maluku sejak zaman leluhur.

Saling klaim ini mereda ketika terkuak bukti lagu itu pertama kali direkam di Studio Lokananta, Solo, pada 1962.

Pada November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia, Rais Yatim, akhirnya mengakui Rasa Sayange sebagai lagu milik Indonesia.

Meski demikian, kantor berita Antara melaporkan bahwa belakangan, Malaysia mengakui Rasa Sayange sebagai lagu milik bersama. [AK/CNN]

TerPopuler

Loading...