Ka.BIN Dampingi Presiden Jokowi Terima Perwakilan Tokoh Masyarakat Papua
Loading...

Ka.BIN Dampingi Presiden Jokowi Terima Perwakilan Tokoh Masyarakat Papua

Tuesday, September 10, 2019, Tuesday, September 10, 2019
loading...

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mendampingi Presiden Joko Widodo menerima puluhan orang perwakilan tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat, di Istana Negara Jakarta, Selasa Siang (10/9/2019).

Para tokoh Papua itu hadir ke Istana kompak mengenakan topi rumbai. Demikian juga dengan Kepala BIN dan para menteri yang hadir antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya.

"Terima kasih perkenaan Bapak Presiden untuk menerima para delegasi tokoh dari Papua maupun Papua Barat hadir di hadapan Bapak Presiden sejumlah 61 tokoh," ujar Budi Gunawan saat membuka pertemuan.

Para tokoh dapat menyampaikan aspirasi yang sangat dalam yang terkait dengan memajukan Papua dan Papua Barat dan meningkatkan kesejahteraan jadi lebih baik dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjut dia.

Jelas Budi Gunawan, semua tokoh yang hadir berkomitmen menjadi ujung tombak bangsa dan Negara Republik Indonesia demi kemajuan Papua.

Para tokoh yang hadir mewakili berbagai elemen masyarakat, yaitu tokoh adat, gereja, organisasi, akademisi, mahasiswa, wanita, dan pemuda.

Mereka sudah berada di Jakarta sejak 8 September 2019.

Dalam pertemuan itu, ada 10 poin aspirasi yang disampaikan tokoh-tokoh Papua kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. Salah satu aspirasi yang disampaikan adalah meminta pembangunan Istana Kepresidenan di tanah Papua.

Yang terakhir, yang kesepuluh, adalah membangun Istana Presiden RI di Papua, di Ibukota Provinsi Papua, di Kota Jayapura," kata ketua rombongan tokoh-tokoh Papua, Abisai Rollo, di Istana Kepresidenan.

Presiden Jokowi pun lantas memenuhi permintaan tokoh-tokoh soal pembangunan Istana Presiden di tanah Papua. Kepala Negara menyatakan Istana Presiden di Papua akan mulai dibangun tahun depan. (rmol)

TerPopuler

Loading...