5 Perusahaan Raksasa Pengubah Dunia yang Dimulai dari Garasi
Loading...

5 Perusahaan Raksasa Pengubah Dunia yang Dimulai dari Garasi

31 October 2019,
Loading...
loading...



SriwijayaAktual.com - Sesuatu yang besar itu pasti diawali dari yang terkecil. Tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan secara instan, termasuk dalam mendirikan sebuah perusahaan. Butuh kerja keras dan sikap pantang menyerah untuk bisa mengembangkan sebuah perusahaan.

Seperti halnya beberapa perusahaan raksasa pengubah dunia ini. Kita melihat perusahaan ini sangat sukses dan berpengaruh, tapi kita tidak tahu seperti apa awal-awal berdirinya perusahaan ini. Percaya atau tidak, perusahaan tersebut mulai berdiri dan beroperasi disebuah garasi.

Sulit dipercaya memang perusahaan sekelas Google, Apple dan Amazon dimulai dari garasi yang sempit, kotor dan berantakan. Tapi sekarang mereka sudah menjelma jadi perusahaan raksasa yang membawa perubahan besar pada dunia.

Langsung saja, berikut lima perusahaan raksasa pengubah dunia yang dimulai dari garasi. Semoga ini bisa jadi inspirasi bagi kita semua.

1. Apple

Apple sekarang jadi perusahaan smartphone paling terkemuka di dunia. Gadget yang diciptakan Apple terkenal memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan gadget buatan perusahaan lain.

Dua pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai perusahaan Apple di garasi rumah keluarga Jobs di Crist Dr, Los Altos, California pada tahun 1976. Garasi rumah tersebut adalah awal dari perubahan dunia.

2. Google

Google mulai dibangun oleh dua mahasiswa yang berambisi menciptakan mesin untuk membantu orang mencari informasi dengan mudah. Mereka adalah mahasiswa lulusan Stanford University, yakni Larry Page dan Sergey Brin.

Mesin pencari raksasa ini mulai diciptakan di garasi rumah milik Susan Wojcicki yang sekarang sudah jadi CEO YouTube. Garasi rumah tersebut berlokasi di Santa Margarita Avenue di Menlo Park, California, Amerika Serikat pada tahun 1998.

3. Amazon

Jeff Bezos mulai mendirikan Amazon di sebuah garasi rumah di Bellevue, Washington, Amerika Serikat pada tahun 1944. Kala itu Jeff hanya bekerja sendirian dan Amazon baru menjual buku saja.

Tapi lihatlah sekarang, Amazon sudah menjelma jadi perusahaan e-commerce terbesar di dunia yang melayani penjualan internasional. Karena Amazon, Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia menyaingi Bill Gates.

4. HP (Hewlett Packard)

Pada tahun 1939, pendiri HP Bill Hewlett dan Dave Packard memulai usaha mereka di garasi rumah yang beralamat di 367 Addison Ave, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Mereka berhasil menciptakan audio oscillator yang dijual kepada Walt Disney untuk meningkatkan sistem film Fantasia.

5. Disney

Siapa sih yang tidak tahu Disney? Perusahaan media dan hiburan ini memiliki pendapatan terbesar di dunia lho. Tapi siapa sangka, perusahaan ini dilahirkan di sebuah garasi.

Perusahaan Disney didirikan Oleh Walt dan Roy Disney. Mereka mulai membangun studio film di sebuah garasi milik paman mereka pada tahun 1923. Mereka membuat film pertama Alice Comedies yang merupakan bagian dari seri animasi Alice in Wonderland. [*]

TerPopuler