5 Pimpinan DPR RI 2019-2024 Resmi Ditetapkan & Dilantik, Puan Maharani Ketua
Loading...

5 Pimpinan DPR RI 2019-2024 Resmi Ditetapkan & Dilantik, Puan Maharani Ketua

01 October 2019,
loading...

JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Puan Maharani resmi ditetapkan sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024. Pelantikan tersebut dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPR dipimpin Ketua DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe, Selasa (1/10/2019) malam. 
Puan terlihat duduk di barisan paling depan dengan mengenakan batik berwarna merah. Selain Puan, DPR juga melantik Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Muhaimin Iskandar dari PKB, dan Rachmat Gobel dari NasDem.
 Sesuai UU MD3, pimpinan DPR berjumlah 5 orang berasal dari partai politik peraih suara terbanyak di Pemilu 2019.
 Pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Ketua MA Hatta Ali. Sebelum pelantikan, Abdul bertanya kepada seluruh anggota DPR RI apakah formasi pimpinan tersebut bisa disetujui. "Saudari Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR, kedua Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua, ketiga Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua, keempat Rahmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua, dan Muhaimin Iskandar sebagai Wakil Ketua. Apakah dapat kita setujui dan sepakati jadi pimpinan DPR?" tanya Abdul. 
"Setuju," teriak anggota fraksi.
 Setelah itu Abdul mengetok palu. Setelah disetujui, seluruh peserta yang hadir berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah.
Puan bersama empat wakil ketua DPR kemudian diambil sumpah jabatannya untuk memimpin DPR lima tahun ke depan. Sebelum pengambilan sumpah, dibacakan Keputusan DPR nomor 31/DPR RI/I/2019-2024 tentang penetapan pimpinan DPR. [kumparan]

TerPopuler

Loading...