Fakta Berbicara, Ternyata Bedak Bayi Bahaya Buat Kulit Orang Dewasa, Apa Alasanya?
Loading...

Fakta Berbicara, Ternyata Bedak Bayi Bahaya Buat Kulit Orang Dewasa, Apa Alasanya?

20 October 2019,
Loading...
loading...
Bedak bayi bahaya via https://www.cosmopolitan.com

SriwijayaAktual.com - Buat pecinta make-up minimalis, pemakaian bedak tabur mungkin sudah jadi rutinitas karena ringan dan nggak bikin wajah terlihat menor. Solusi yang sering dipakai adalah penggunaan bedak bayi, di mana harganya sangat terjangkau dan ‘aman’ buat kulit wajah orang dewasa. Hmm, benarkah demikian?

Fakta baru yang dikutip dari cosmopolitan.com dan lyceum.com, bedak bayi bukanlah produk yang layak digunakan orang dewasa apalagi di bagian wajah. Selain bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, kandungan zinc pada bedak bayi justru membuat kulit wajah semakin kering dan mempercepat produksi keriput.

Untuk lebih jelasnya, yuk cermati penjelasan dari Hipwee Style berikut ini!

Bedak bayi memiliki formula yang berbeda dengan bedak tabur pada umumnya. Dari segi kandungan sama fungsi aja udah jelas kok perbedannya! 🙂

Bedak bayi biasanya mengandung magnesium carbonate dan zinc oxide yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan keringat pada kulit bayi, di mana ini berguna untuk mencegah biang keringat. Berbeda dengan kulit orang dewasa yang kandungan asamnya sudah agak tinggi, bedak bayi yang dipakai terus menerus hanya akan memicu masalah lain seperti komedo dan jerawat karena penyumbatan pori.

Parfum atau pewangi pada bedak bayi memang menggoda, tapi justru inilah yang memicu kekeringan berlebih pada kulit wajahmu. Duh, duh ~

Sudah pernah dengar belum kalau menggunakan produk make-up atau skincare berpewangi itu kurang baik buat kulit, terutama kulit wajah? Yup, alasan inilah yang harusnya menyadarkanmu bahwa penggunaan bedak bayi bukanlah untuk kulit wajah yang notabene lebih tipis di banding bagian lainnya.

Tapi meski wajahmu berminyak, pemakaian bedak bayi bukannya akan menyerap minyak, tapi partikel-partikel kecilnya yang menumpuk akan menimbulkan komedo hingga jerawat meradang. Sekali lagi, bedak bayi hanya cocok untuk kulit bayi.
Dokter Orlen Sompotan M. (AAM)
Menurut Dokter Orlen Sompotan M. (AAM), bedak bayi yang dipakai pada kulit berjerawat akan semakin menambah tumpukkan kotoran pada pori-pori, sehingga memperlama proses penyembuhan

Yup, permasalahan jerawat dan komedo memang nggak bisa dianggap remeh, terutama jika keduanya sudah menjadi ‘penyakit’ menahun. Ada baiknya, kamu menggunakan make-up yang aman untuk jenis kulit berjerawat, yakni yang mengandung salicylic acid dan minim alkohol. Sudah banyak kok produk make-up atau skincare yang memang dikhususkan untuk kulit berjerawat 🙂

Bedak bayi yang katanya bisa mengawetkan make-up itu kurang tepat, melihat baru beberapa jam berada di luar ruangan saja ia bisa ‘luntur’ terkena keringat. So, be smart! 

Pilihlah bedak tabur yang memang dibuat untuk kulit orang dewasa, sehingga apalabila terkena keringat setelah beraktivitas, ia nggak gampang luntur. Formula bedak tabur sangat jauh berbeda dengan bedak bayi yang mudah ‘tersapu’ keringat, jadi pintar-pintarlah memilih, ya!

Lagi pula, masih banyak kegunaan bedak bayi selain untuk merias wajah, ini di antaranya…
not for adult via www.lyceum.id

  • Untuk dry shampoo
  • Untuk mengawetkan lipstik glossy hingga matte
  • Sebagai penguat ketahanan maskara
  • Dan kegunaan lain untuk kebutuhan sehari-hari
Disclaimer:
Buatmu yang sudah terlanjur suka dengan bedak bayi, silahkan cari referensi lain yang bisa menguatkanmu bahwa produk ini memang bukan diciptakan untuk kulit wajah orang dewasa. Kamu juga perlu mencermati lagi, bahwa harga bedak tabur untuk orang dewasa itu nggak beda jauh kok dengan bedak bayi, jadi pilihan ada di tanganmu!
 [*]

TerPopuler