woOW!! Fakta Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota RI Baru, Nagara Rimba Nusantara
loading...

woOW!! Fakta Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota RI Baru, Nagara Rimba Nusantara

Saturday, December 28, 2019,
Banner Header
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Melihat Desain Ibu Kota Baru. (Foto:Dok.PUPR)


JAKARTA, SriwijayaAktual.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) baru. Tidak hanya desain yang bagus, Basuki juga mengungkap desain ibu kota harus menjadi pembeda dengan ibu kota negara lain di dunia.

Dewan juri pada Senin 23 Desember 2019 telah mengumumkan pemenang sayembara mulai dari juara 1,2 dan 3 serta pemenang harapan I dan II. Pemenang sayembara ini memiliki desain dan konsep beragam. Tak hanya itu, makna yang tersaji dari setiap desain juga sangat mendalam. 

Seperti dikutip dari Okezone telah merangkum beberapa fakta terkait pemenang sayembara ibu kota baru, pada Sabtu (28/12/2019)

1. 'Nagara Rimba Nusantara' dari Urban+ Pemenang Sayembara
Dewan Juri Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara telah memutuskan desain bertema “Nagara Rimba Nusantara” sebagai pemenang sayembara (juara ke-1). Desain ini dibuat oleh Urban+, perusahaan yang didirikan Sofian Sibarani.

Dalam Nagara Rimba Nusantara, area pemerintahan ibu kota baru dibagi menjadi lima, yakni sebuah tata kota yang merujuk konsep dasar nilai-nilai Pancasila yang diterjemahkan kepada lima pusat area utama. Area pancasila, area Bhinneka Tunggal Ika, area Gedung Yudikatif Mahkamah Agung, area Eksekutif Presiden, dan Legislatif MPR/DPR/DPRD yang sejajar.

2. 'The Infinite City' Runner Up Sayembara
Membahas “The Infinite City”, runner up dari desain IKN, desain ini menonjolkan innovation, ecosystem & advancement dalam karyanya.

Pemetaan struktur kota terbagi menjadi dua bagian. Pada Ring 1 terdapat area pemerintah, pengadilan tinggi, pusat keamanan, area kebudayaan, fasilitas keagamaan, pelayanan kesehatan, dan taman kota. Sementara pada Ring 2 meliputi perumahan dan pendidikan tinggi.

Pada sektor transportasi, “The Infinite City” menawarkan kereta cepat, kendaraan otomatis berbasis listrik, dan kendaraan berskala kecil lainnya. Pada komunitas yang berkelanjutan, juara ke-2 desain IKN juga menonjolkan kehidupan yang berdampingan dengan alam, sistem berbasis ramah lingkungan, dan sumber daya yang berasal dari dalam negeri.

3. 'Kota Seribu Galur' Juara Ketiga Sayembara
“Kota Seribu Galur” berhasil meraih posisi juara ke-3 dalam sayembara desain IKN. Pemenang ketiga mengibaratkan sebuah kota sebagai manifestasi peradaban yang mengelilinginya. Ibu kota Indonesia merupakan tenunan yang menyatukan seribu galur, tenunan sebagai metafora persatuan Indonesia raya.

Kota ini memetakan pusat administrasi IKN, perumahan, distrik bisnis pusat, kampus, medis dan kesehatan, pariwisata, pendidikan, pusat distribusi. Kesemua unsur itu akan dihubungkan dengan HSR, LRT, dan ART.

“Kota Seribu Galur” juga menawarkan pusat konservasi hutan bakau sebagai pariwisatanya. Juara Desain Ke-3 ini menyatakan rakyat menjadi penunjang kehidupan kota sehingga menjadi kawasan kerukunan beragama.

4. Juara 1, 2, 3 Sayembara Diboyong ke Kaltim
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengirim tiga pemenang teratas Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) ke lokasi calon IKN di Kalimantan Timur. Hal ini dilakukan dengan tujuan penajaman gagasan desain dengan kondisi lapangan.

“Diharapkan dengan melihat ke lokasi, akan didapatkan pengalaman dan sense terbaik sebagai dasar penyusunan detail desain yang akan dimulai tahun 2020,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dilansir setkab, Jakarta, Selasa (24/12/2019).

5. Sofian Sibarani, Tokoh Dibalik Urban+
Sofian Sibarani adalah pendiri dan direktur Urban+ yang dimulai pada 2016. Urban+ didirikan pada akhir 2016 dengan beberapa ahli perkotaan dan desain utama untuk membantu pemerintah dan swasta dalam menciptakan proyek perkotaan yang menarik. Urban+ bergerak di sektor perancangan desain ibu kota dan arsitektur

Sofian Sibarani mempelajari arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sofian Sibarani meraih gelar master dalam Pengembangan dan Desain Urban di Universitas New South Wales, Sydney, Australia.

6. Hadiah Sayembara Total Rp5 miliar
Juara pertama, Nagara Rimba Nusantara karya Urban+ berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp2 miliar. Sedangkan juara ke-2 dengan desain bertema “The Infinite City” berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah sebesar Rp1,25 miliar. Juara ke-3 yakni desain bertema “Kota Seribu Galur” berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah Rp1 miliar.

Dua finalis lainnya mendapatkan gelar juara harapan I dan harapan II. Desain bertema “Zamrud Khatulistiwa” ditetapkan sebagai juara harapan I berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp500 juta. Sedangkan harapan II adalah desain bertema “Benua Rakyat Nusantara” juga berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah sebesar Rp250 juta. (fbn)
Loading...

TerPopuler

loading...