Bupati Ciamis Akan Tuntut Hukum Babeh Ridwan Saidi soal Galuh 'Brutal'
Loading...
loading...

Bupati Ciamis Akan Tuntut Hukum Babeh Ridwan Saidi soal Galuh 'Brutal'

15 Februari 2020,
Banner Header



SriwijayaAktual.com - Pernyataan budayawan Betawi, Ridwan Saidi, di sebuah channel YouTube menyebut Galuh artinya brutal hingga menyatakan di Ciamis tidak ada kerajaan, menuai polemik. Warga Ciamis protes dan mengecam Babe Saidi. Tak terkecuali Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Bupati Ciamis ikut menghadiri aksi dan membubuhkan tandatangan di kain putih sebagai bentuk protes. Bahkan Bupati Ciamis menegaskan siap menuntut secara hukum Ridwan Saidi atas persoalan tersebut.

"Kita tidak boleh arogan, tidak boleh brutal, kita tuntut secara hukum. Setuju ya semuanya," kata Herdiat di Alun-alun Ciamis, Jumat (14/2/2020).

Herdiat mengaku merasa terusik dengan ucapan Ridwan Saidi yang menyebut di Ciamis tidak ada Kerajaan Galuh dan mengartikan Galuh berarti brutal. Herdiat menanyakan dasar Ridwan Saidi menyebut hal itu.

"Kita tidak ujug-ujug ada Galuh, kita hasil penelitian, pengkajian, para ahli, para profesor yang menelitinya juga. Dan barang bukti peninggalan kerajaan Galuh ada bukti secara autentik," ujar Herdiat di hadapan masyarakat Ciamis.

Herdiat berujar, warga Ciamis tak ada yang merasa brutal. Herdiat merasa bangga dengan Galuh. Lalu ia bercerita pin kujang yang bertuliskan Galuh selalu ia pakai dengan rasa bangga.

"Kita bangga sebagai warga Tatar Galuh, Kerajaan Galuh pernah berada di masa kejayaan, masa keemasan, maka itu kita berusaha membangkitkan semangat Galuh," kata Herdiat menegaskan.

Meski begitu, Herdiat meminta masyarakat Ciamis untuk bersabar, tidak melakukan aksi secara arogan dan brutal. Bupati Ciamis meminta masyarakat jangan terpengaruh, tetap meyakini bahwa Galuh itu asli, Galuh cinta damai.

"Selama ini nama galuh menjadi penyemangat dari berbagai aspek, dari olahraga, seni budaya dan lainnya," ucapnya.

Menurut Herdiat, sebelumnya masyarakat Ciamis dalam keadaan damai dan kondusif. Dengan pernyataan Ridwan Saidi tersebut, seolah-olah membangunkan masyarakat Ciamis. (detikcom)
Loading...

TerPopuler