Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya
Loading...
loading...

Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya

Wednesday, February 19, 2020,
Banner Header



Sriwijaya Aktual - Latar belakang Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini masih diragukan pihak tertentu. Di antaranya latar belakang pendidikan.

Jokowi diragukan pernah diwisuda di Universitas Gajah Mada (UGM). Bahkan foto wisuda Jokowi di UGM yang beredar selama ini dinilai palsu.

Adalah akun facebook Bambang Tri yang masih meragukan latar belakang pendidikan Jokowi. Ia mengatakan Jokowi tidak pernah diwisuda UGM dan ia menuduh foto wisuda Jokowi Palsu

Ia mengunggah kolase berisi dua foto lawas. Sekilas tampak foto Jokowi di momen yang berbeda. Namun akun Bambang Tri mengatakan itu dua foto berbeda. 

[Cek Fakta]  Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya


Foto sebelah kiri merupakan Jokowi dan foto sebelah kanan atau yang menggunakan topi wisuda merupakan Budi Utomo. Sayangnya akun Bambang Tri tidak merinci lebih lanjut identitas Budi tersebut.

"JOKOWI TIDAK PERNAH DIWISUDA UGM...FOTO WISUDANYA PALSU...BUKAN FOTO JOKOWI !," kata akun facebook Bambang Tri, Minggu 16 Februari 2020.

Akun facebook Muhammad Shiddiq ikut membagikan unggahan akun Bambang Tri di grup publik facebook "Jokowi Persiden Ku".

"Maaf hanya meneruskan,
Apa pendapat kalian...," kata akun Muhammad Shiddiq.

Terpantau lebih dari 500 komentar atas unggahan akun Muhammad Shiddiq dan 119 emotikon sejak diunggah pada Minggu 16 Februari 2020.


[Cek Fakta]  Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya


Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Presiden Jokowi tidak pernah diwisuda Universitas Gajah Mada (UGM) dan foto wisudanya palsu, adalah salah. Faktanya Jokowi merupakan alumnus UGM.

Seperti dilansir liputan6.com, Jokowi tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 dan lulus pada 1985. Jokowi masih mengingat persis dosen pembimbingnya selama di UGM.

"Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada dosen pembimbing saya di Teknologi Kayu, Pak Kasmujo," kata Jokowi saat menyampaikan pidato ilmiah dalam Rapat Terbuka Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai rangkaian Dies Natalis ke-68, Selasa 19 Desember 2017.


[Cek Fakta]  Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya


Dalam kesempatan yang sama, sejumlah foto lama yang memotret aktivitas Jokowi semasa kuliah, turut dipamerkan di lobi kampus. Di antaranya pose bersama teman kuliah dan saat naik gunung.

Suryamalang.tribunnews.com menambahkan bukti lain bahwa benar Jokowi alumnus UGM. Laman ini mengunggah judul skripsi Jokowi yaitu 'Studi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kotamadya Surakarta'.

Laman Brilio.net juga menambahkan bukti bahwa Jokowi diwisuda UGM. Hal itu tampak dari artikel berjudul "Pakai toga, 6 foto wisuda lawas tokoh nasional ini manglingi" pada 21 Juni 2019.


[Cek Fakta]  Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya


Adriana, teman seangkatan Jokowi di Fakultas Kehutanan UGM, menuturkan kisahnya. Ia mengaku satu dari 8 wanita dengan total 80 orang teman satu angkatan Jokowi. Ia menilai hubungan satu angkatan relatif solid.

"Di Fakultas Kehutanan, kami biasa bersama-sama di hutan untuk kuliah lapangan. Hal itu membentuk ikatan di antara kami. Mungkin itu juga yang dirasakan Jokowi," kata Adriana seperti dilansir laman resmi UGM pada 21 Oktober 2019.

Pihak UGM juga pernah memastikan Jokowi memiliki ijazah asli. Ijazah Jokowi dikeluarkan pada 5 November 1985. Ijazah itu ditandatangani oleh Dekan UGM Prof Dr Soenardi Prawirohatmodjo M.S, M.D dan Rektor UGM Prof DR T Jacob M.S M.D.

"Pak Jokowi memang alumni UGM. Ijazah beliau asli dari UGM," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat UGM kala itu, Wiwit Wijayanti melalui pesan singkat kepada Medcom.id, Jumat 5 Juni 2015.


[Cek Fakta]  Jokowi tidak Pernah Diwisuda UGM dan Foto Wisudanya Palsu? Ini Faktanya


Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi tidak pernah diwisuda Universitas Gajah Mada (UGM) dan foto wisudanya palsu, adalah salah. Klaim ini sudah dibantah berkali-kali, namun masih saja kerap muncul.

Informasi ini, jelas masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Referensi:
1. https://www.liputan6.com/news/read/3201101/4-kenangan-jokowi-saat-kuliah-di-fakultas-kehutanan-ugm
2. https://suryamalang.tribunnews.com/2017/01/15/terungkap-ternyata-ini-lho-judul-skripsi-jokowi-saat-kuliah-di-ugm
3. https://www.brilio.net/sosok/pakai-toga-6-foto-wisuda-lawas-tokoh-nasional-ini-manglingi-190621y.html
4. https://ugm.ac.id/id/berita/18612-teman-seangkatan-harap-jokowi-bisa-bawa-indonesia-makin-maju
5. https://nusantara.medcom.id/jawa-tengah/peristiwa/Wb7W36Bb-ugm-tegaskan-ijazah-presiden-jokowi-asli

Sumber:
1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=129302661944783&set=a.105313814343668&type=3&theater
2.https://www.facebook.com/groups/jokowipresidenkuu/permalink/3339030259460368/

(DHI)
Loading...

TerPopuler