10 Cara Jitu Untuk Hidup Sehat
Loading...
loading...

10 Cara Jitu Untuk Hidup Sehat

Sunday, March 15, 2020,
Banner Header
10 Cara Jitu Untuk Hidup Sehat
Sriwijaya Aktual - Setiap orang dari kita ingin menjadi bugar, sehat, dan hidup lama. Masalahnya, tidak semua dari kita tahu apa yang harus lakukan untuk itu.

Ok, kita semua tahu, bahwa orang sehat adalah orang yang tidak merokok, berada pada berat badan yang seimbang, latihan dan makan makanan sehat.

Kedengarannya sederhana, tapi mereka yang telah mencoba mengubah kebiasaan mereka tahu betapa sulitnya hal itu. Beberapa orang memutuskan untuk melakukan perubahan drastis, tapi ketika menghadapi kesulitan, mereka lantas kehilangan motivasi dan menyerah.

Sesungguhnya rahasia hidup sehat sangatlah mudah. Itu hanya tentang membuat perubahan kecil: minum segelas air di pagi hari, aktivitas fisik yang lebih banyak, sudut pandang optimis. Ini hanyalah beberapa cara sederhana untuk memperbaiki gaya hidup Anda. Intinya, perubahan kecil untuk mendapatkan hasil besar.

Berikut 10 cara mudah untuk hidup sehat yang tidak memerlukan langkah drastis apapun untuk melakukannya.

1. Minum Segelas Air di Pagi hari

drink water after wake up
Drink Water After Wake Up

Bangun di pagi hari dan minum satu gelas air sebelum makan apapun. Anda bisa menaruh sepotong lemon atau jeruk nipis di air, jika Anda tidak suka rasa alaminya. Air membantu membersihkan sistem pencernaan kita, meningkatkan metabolisme dan membuang racun. Beberapa orang bahkan mengatakan, bahwa hal itu membantu mengurangi berat badan.

2. Cukup Tidur

woman sleep
Sleep Well

Kurang tidur membuat Anda mudah merasa lelah dan marah, Anda tidak bisa memusatkan perhatian. Kurang tidur juga dapat merusak kesehatan fisik Anda (terutama jantung). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa 8 jam tidur per periode 24 jam adalah persyaratan rata-rata untuk orang dewasa. Hanya itu bukan aturan mutlak karena kebutuhan tidur setiap orang berbeda. Rata-rata kebutuhan tidur bisa berkisar antara 6 sampai 10 jam. Jika Anda merasa mengantuk pada jam 4 sore dan 6 sore, Anda mungkin tidak cukup istirahat.

3. Peregangan di Pagi Hari

stretching cat
Stretching Cat

Pernahkan Anda memperhatikan apa yang dilakukan seekor kucing saat bangun tidur?. Alih-alih langsung bangun dan berlari, ia melakukan peregangan terlebih dahulu. Anda bisa menirunya dan memanfaatkan waktu dengan lebih bijak. Rentangkan punggung, kaki, dan leher Anda. Ini akan membangunkan tubuh Anda dari fase tertidur. Peregangan di pagi hari meningkatkan aliran darah ke otot dan memberikan suntikan ekstra oksigen dan mempersiapkannya Anda untuk menjalani hari baru.

4. Konsumsi Makanan Sehat

healthty foods
Healthty Foods

Kentang goreng, burger, kacang asin, permen, biskuit dan cemilan lezat lainnya pastinya tidak sehat untuk tubuh Anda. Mereka mengandung banyak lemak, garam, gula. Pilih kacang mentah, buah segar atau buah berry sebagai gantinya. Selain menyehatkan, mereka kaya akan vitamin dan mineral.

5. Pentingnya Sarapan Pagi

family breakfast
Breakfast With Family

Sarapan pagi adalah rutinitas paling penting sebelum memulai hari, terutama bagi Anda penggila diet. Ini akan memberi Anda energi yang cukup untuk menjalani aktifitas pagi. Jika melewatinya, Anda akan merasa lapar jauh sebelum waktu makan siang dan akan mulai mengemil makanan yang tinggi lemak dan gula, namun rendah vitaminnya. Periset pada konferensi American Heart Association 2003 melaporkan bahwa sarapan secara signifikan mengurangi resiko mendapatkan obesitas dan diabetes dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang sarapan.

Anda hanya memerlukan 15 menit saja untuk menyiapkan sarapan sehat, seperti omelet dengan sayuran atau salad buah dengan yogurt.

6. Jalan Santai Harian

daily walk
Daily Walk

Kita semua tahu tentang keuntungan aktivitas fisik, tapi kebanyakan kita tidak punya waktu, atau keinginan berolahraga. Itu bukan halangan utuk hidup sehat. Ada banyak cara mudah misalnya: gunakan tangga sesering mungkin, bukan lift, berjalan-jalan dengan teman atau anjing Anda sedikit lebih lama, daripada biasanya - gunakan kemungkinan untuk lebih aktif secara fisik. Periset mengatakan, bahwa orang hanya perlu berjalan sampai 12 mil per minggu atau sekitar 125 sampai 200 menit per minggu untuk memperbaiki kesehatan jantung mereka.

7. Jalin Hubungan Sosial

social network
Social Networking

Dikatakan bahwa orang yang kesepian cenderung gampang sakit, mati muda atau bunuh diri. Orang yang tidak memiliki teman juga mudah stres, depresi dan sering kurang aktif secara fisik. Selain itu, para ahli mengatakan bahwa bagaimana seseorang terhubung secara sosial adalah salah satu cara terpenting untuk memprediksi kesehatan dan kemandiriannya di tahun-tahun berikutnya.

8. Pelajari Daftar Bahan Produk Favorit Anda

learn product inggredients
Learn Product Inggredients

Daftar bahan produk sangat penting karena ini menunjukkan kepada Anda apakah makanan yang akan Anda beli mengandung bahan-bahan yang tidak alami dan tidak sehat. Ada ratusan, bahkan mungkin ribuan bahan tidak sehat yang ada di pasaran dan hampir tidak mungkin untuk mengingat semuanya.

Untungnya, Anda dapat menemukan banyak informasi di Internet tentang mereka, jadi pelajari semua makanan favorit dan paling umum yang Anda konsumsi, kosmetik dan produk lain yang Anda beli. Bahan berbahaya dapat menyebabkan berbagai penyakit, reaksi alergi dan bahkan kanker.

9. Temukan Kegiatan Baru

sports groups
Sports Groups

Ambil aktivitas baru yang melibatkan seluruh keluarga dan teman-teman seperti hiking, olahraga kelompok, ski atau naik sepeda, atau bahkan olahraga ekstrim yang mampu memicu adrenalin Anda!.

Menemukan hobi baru bisa memberi Anda kenikmatan dan mengurangi stres. Anda juga akan mulai bertemu orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda dan mungkin mendapat beberapa teman baru (lihat saran # 7). Nikmati hobi baru Anda dan ingat: orang bahagia hidup lebih lama!.

10. Nikmati Hidup Anda

enjoy life
Enjoy Life

Senyum, cintai orang lain, jangan terlalu suka ikut campur urusan orang lain tanpa diminta dan selalu melihat sisi positif dalam kehidupan Anda maupun orang lain.

Santai saja. Jangan gugup dan mudah marah karena hal sepele. Jangan terlalu serius. Jangan bertingkah seperti kaum Sumbu Pendek atau gerombolan Pentol Korek atau spesies Kadal Gurun atau idiot Kurang Piknik. (boredpanda/tvsx)
Loading...

TerPopuler