100 Pasien Dapat Sembuh dari Virus Corona Setelah Mengonsumsi Ekstrak dari Pohon ini, Kok Bisa?
Loading...
loading...

100 Pasien Dapat Sembuh dari Virus Corona Setelah Mengonsumsi Ekstrak dari Pohon ini, Kok Bisa?

Monday, March 16, 2020,
Banner Header
pohon  Kina

 Sriwijaya Aktual - Banyak masyarakat Indonesia yang mulai terjangkit virus corona.

Sejak dikabarkan di Indonesia ada yang terkena virus tersebut.

Masyarakat langsung panik dan membuat gempar.

Tapi kabar baik datang, seratus pasien virus corona di China terbukti sembuh setelah menjalani pengobatan dengan menggunakan tanaman Pohon Kina.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Mata Najwa yang diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab, Kamis (12/3/2020).

"Ada berita baik dari Jawa Barat, menurut National Health Institute di Amerika dan Wuhan China itu ada 100 yang sembuh oleh obat yang bahasa lazimnya Kina," kata Ridwan Kamil.

"Jadi pohon Kina ini ada di Jawa Barat dan sedang distudi, saya tugaskan universitas, mudah-mudahan berita baik ini sudah teruji di Wuhan 100 sembuh itu ternyata obat herbalnya ada di kita, Kina yang diproduksi Kimia Farma sebelumnya untuk mengobati malaria,"

"Mudah-mudahan kita doakan bisa untuk mencegah penularan dan mematikan pertumbuhan Virus Corona," lanjutnya.

Cara kerja tanaman Kina untuk Sembuhkan Pasien Corona

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (12/3/2020) Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran, Keri Lestari mengatakan bahwa klorokuin fosfat yang ditemukan dapat memblokir infeksi Covid-19 pada konsentrasi mikromolar rendah.

“Klorokuin biasanya digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria dan berkhasiat sebagai agen anti-inflamasi untuk pengobatan rheumatoid arthritis dan lupus erythematosus,” tutur Keri.

Klorokuin fosfat telah menunjukkan aktivitas yang nyata dengan tingkat keamanan yang dapat diterima dalam mengobati pneumonia pasien Covid-19, dalam uji klinis multisenter yang dilakukan di China.

"Penelitian mengungkapkan bahwa klorokuin juga memiliki potensi aktivitas antivirus spektrum luas dengan meningkatkan pH endosom yang diperlukan untuk fusi virus atau sel, serta mengganggu glikosilasi reseptor seluler SARS-CoV," lanjutnya.

Selama ini, klorokuin diproduksi di pabrik milik Kimia Farma di Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Namun sejak tahun 2016, produksi ekstrak kina ini dipindah ke pabrik Kimia Farma di Banjaran, Kabupaten Bandung.

"Beruntunglah Jawa Barat, punya kebun kina di Bandung. Akan sangat mungkin jika produksi obat yang dinyatakan ampuh melawan virus corona ini, kembali diproduksi di Jawa Barat," tuturnya.

Penelitian lanjutan tentang klorokuin fosfat sebagai obat virus corona ini akan dilakukan kembali di Universitas Padjadjaran dan obatnya kembali diproduksi di Bandung.

"Kalau mau dikembangkan kembali sangat bisa. Kami sudah berkomunikasi dengan Kimia Farma, mereka sudah pertimbangkan untuk produksi kembali," jelasnya.

Berikut ini  rangkuman beberapa manfaat menguntungkan dari pohon kina, dilansir Rain-tree.com dan Medlineplus.gov, Kamis (12/3/2020).

1. Sebagai obat malaria

Manfaat dari tanaman herbal ini sudah dipercaya sejak dulu, terutama sebagai obat malaria.

Manfaat tanaman ini berasal dari kandungan alkaloid dan kuinina dalam pohon kina.

Ini dapat membantu meringankan gejala malaria dengan cara membunuh dan menghalangi pertumbuhan parasit malaria yang ada dalam aliran darah.


2. Mengatasi masalah pencernaan dan untuk merangsang cairan pencernaan

Pohon kina juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Kulit pohon kina dapat merangsang produksi cairan pencernaan yang mengandung enzim yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan.

Selain itu, dapat mengatasi parasit dan protozoa dalam usus yang dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pencernaan.



3. Mengatasi kram pada kaki

Pohon kina juga bermanfaat sebagai obat kram kaki.

Manfaat ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, seperti penelitan pada tahun 1998 yang merekam efek positif dari kina untuk kram kaki dan menunjukkan tinitus sebagai satu-satunya efek samping.

Penelitian lainnya pada tahun 2002, menunjukkan bahwa pemberian kina efektif untuk menurunkan intensitas, frekuensi, dan nyeri kram kaki tanpa menimbulkan efek samping.


4. Kesehatan jantung

Pohon kina juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Penggunaan kina untuk jantung telah dilakukan sejak akhir abad ke -17.

Manfaat ini berasal dari zat alkaloid yang ditemukan dalam pohon kina yakni, kuinidin.

Kuinidin dihasilkan dari kina alami, yang saat ini masih digunakan sebagai obat untuk aritmia.

Selain empat manfaat tersebut, pohon kina juga mampu membantu mengobati parasit usus dan protozoa, amebisida, analgesik (penghilang rasa sakit), antibakteri, antijamur, antiseptik, astringen, stimulan pencernaan, obat penurun panas, insektisida, saraf (keseimbangan / saraf tenang), neurasthenic (mengurangi nyeri saraf). [**]

Loading...

TerPopuler