7 Kuliner Indonesia yang Mendunia
Loading...
loading...

7 Kuliner Indonesia yang Mendunia

Monday, March 09, 2020,
Banner Header
7 Kuliner Indonesia yang Mendunia

Sriwijaya Aktual - Keragaman daerah serta kebudayaan menghasilkan berbagai kuliner nusantara yang sangat lezat. Kuliner nusantara adalah sebutan yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai macam kekayaan makanan yang ada di Indonesia.  Tak saja di negeri sendiri kuliner Indonesia terkenal bahkan digemari hingga ke mancanegara. GO-FOOD merangkum 7 kuliner nusantara yang sama terkenalnya di luar negeri. Apa saja kuliner yang mendunia tersebut?

Rendang

Siapa yang tak mengenal dengan kelezatan rendang. Kuliner yang berasal dari Sumatera Barat ini telah dikenal di mancanegara. Pada tahun 2011 CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak sedunia. Untuk menghasilkan rendang yang lezat harus melalui proses yang panjang dalam pengolahannya. Butuh waktu berjam jam agar mendapatkan daging yang empuk sehingga mendapatkan aroma serta warna rendang yang khas.

Nasi Goreng

Tak berbeda dengan rendang, nasi goreng pun menyandang makanan terenak kedua di dunia setelah rendang pada tahun 2011 melalui polling yang diadakan CNN. Nasi goreng memang sangat mudah dijumpai di Indonesia kapan pun, siang dan malam. Ciri utama nasi goreng Indonesia yaitu penggunaan kecap manis dan kerupuk sebagai pelengkap yang membuat nasi goreng semakin nikmat disantap.

Sate

Beralih ke sate ayam, makanan ini pun tak kalah enak dan banyak digemari. Berbagai jenis sate seperti sate ayam Madura dan sate kambing merupakan sajian yang begitu akrab dan banyak disukai. Dalam artikel yang ditulis CNN dengan judul 40 Indonesian foods we cant live without menyebutkan kalau sate berada dalam urutan kedua setelah sambal.

Bakso

Bicara soal bakso makanan ini juga sama populernya. Di setiap sudut jalan dengan mudah ditemui para penjual bakso. Ketika Presiden Obama berkunjung ke Jakarta ia bercerita kalau bakso adalah makanan kesukaannya. Bakso menjadi penyelamat di saat lapar dengan waktu kapan pun. Di saat hujan, siang hari maupun malam hari.


Soto

Soto di Indonesia beragam dan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Soto terbuat dari kaldu ayam ataupun daging yang biasanya disandingkan dengan sayur seperti tauge ataupun kol. Makanan berkuah ini terasa nikmat disantap selagi hangat dan semakin nikmat ditambah kerupuk. Kuah santan atau pun bening keduanya sama enaknya.


Gudeg

Masih dalam artikel yang ditulis CNN dengan judul 40 Indonesian foods we cant live without gudeg memasuki urutan ke 11. Olahan yang berasal dari nangka muda ini dimasak dengan santan dan gula merah. Dimasak berjam jam sehingga menghasilkan warna cokelat pekat dan rasa manis yang gurih.

Gado-Gado

Gado-gado meskipun terlihat sederhana tapi makanan ini tak diragukan lagi rasanya. Gado-gado nikmat disajikan dengan lontong maupun nasi ditambah kerupuk semakin lengkap. Gado-gado menjadi populer karena sangat akrab sama halnya  dengan ketoprak. Makanan bersaus kacang selalu nikmat dan tak boleh dilewatkan dalam list makanan favoritmu sekalipun Go-Foodie!  (*)

Loading...

TerPopuler