Aneka Resep Olahan Kentang yang Enak
Loading...
loading...

Aneka Resep Olahan Kentang yang Enak

Tuesday, March 10, 2020,
Banner Header
Aneka Resep Olahan Kentang yang Enak

Sriwijaya Aktual - Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang saat ini banyak  digemari oleh masyarakat, baik masyarakat dalam atau luar negeri. Kentang ini banyak digemari dalam bentuk olahan, misalnya kentang goreng. Bahkan, ada gejala baru di mana kentang dijadikan makanan pengganti nasi.

Kentang yang diolah memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung kalori yang cukup, kandungan kolesterol yang rendah, mengandung pati yang sulit dicerna dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dibanding dengan beras, kandungan protein, lemak dan energi kentang lebih rendah. Bila dibandingkan dengan umbi-umbian lain seperti singkong, ubi jalar, dan talas, komposisi gizi kentang masih relatif lebih baik.

Enaknya itu makan kentang goreng sambil menikmati ayam goreng tepung, atau semangkuk sup dengan perkedel goreng. Pilihan mana yang paling Anda sukai? Rasa kentang yang netral membuat makanan ini selalu pas disandingkan dengan sajian apa saja.

Di Eropa, kentang lebih sering digunakan sebagai makanan pokok, berbeda dengan di Indonesia yang sering menggunakannya sebagai lauk atau sayur. Apapun olahannya, nutrisi dalam kentang tetap tidak berubah. Kentang dikenal dengan bahan pangan yang aya karbohidrat, lemak, serat, kalsium dan vitamin C.

Aneka Olahan Kentang Terpopuler:

1. Mashed Potatoes

Olahan kentang ini biasanya disajikan sebagai side dish saat menikmati steak. Untuk membuatnya tidak sulit, Anda hanya cukup menhaluskan kentang kupas yang telah direbus, kemudian memasaknya dengan susu, garam dan lada. Sebagai penambah aroma, Anda dapat memberikan campuran peterseli cincang.

2. Baked Potatoes

Baked Potatoes (Kentang Panggang) Sajian ini terbilang sangat praktis. Anda tak perlu repot-repot mengupas kentang, cukup dengan mengiris  bagian tengah kentang. Untuk cita rasa yang nikmat, Anda dapat menambahkan isian pada tengah kentang sesuai dengan selera, seperti daging, ayam, sayur atau keju.Selanjutnya, bungkus kentang dengan aluminum foil dan panggang hingga matang. Hangat-hangat dinikmati dengan cocolan saus terasa semakin pas.

3. Potato Gratin

Potato gratin merupakan salah satu makanan yang populer di dalam dunia Eropa. Biasanya dijadikan sebagai pengganti kentang goreng dan memiliki cita rasa yang cenderung gurih dikarenakan kandungan krim dan susu di dalamnya. Pada istilah “gratin” dimaksudkan untuk membuat permukaan sebuah hidangan olahan kentang ini menjadi kecoklatan dengan cara dipanggang atau dibakar dengan menggunakan blowtorch. Makanan ini termasuk dalam pengolahannya yang gampang dan bahan-bahannya yang mudah didapat, resep ini juga merupakan resep yang sangat fleksibel.

4. Roschti

Rösti, atau disebut Roschti dalam bahasa Swiss, berarti hidangan yang menggunakan kentang. Kentang yang telah dikupas dipotong tipis dengan bentuk memanjang. Selanjutnya, kendang dimasukkan ke dalam campuran susu dan mentega yang telah dicairkan. Penambahan garam dan lada saat pencampuran akan menambahkan cita rasa. Usai direndam, kentang tersebut kemudian digoreng dalam minyak panas.

5. Potatoes Croquettes

Namanya mungkin terlihat keren, tapi ini adalah nama lain dari kroket Kentang. Untuk membuatnya, Anda cukup menghaluskan kentang kukus dan memberinya bumbu. Bentuk lonjong kemudian panir dengan tepung roti. Siapkan minyak panas dan goreng hingga matang, sajian ini sangat pas dinikmati bersama secangkir teh di sore hari.

6. French Fries (Kentang Goreng)

French Fries (Kentang Goreng) merupakan makanan buat camilan saat sedang santai kumpul kerabat atau buat menemani saat menonton acara. Pada saat piknik juga biasanya pasti akan ada sajian kentang sebagai pelengkapnya. Rasa yang renyah serta ditaburi bumbu pedas manis membuat makanan ini banyak disukai orang.

7. Perkedel Kentang

Perkedel adalah olahan kentang yang diadaptasi dari makanan khas negeri Belanda frijkadel. Jika pada resep asalnya lebih banyak menggunakan daging cincang dibandingkan kentang, resep perkedel di Indonesia justru kebalikannya, penggunaan kentang lebih besar porsinya dibanding daging cincang. Perkedel biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap sayur sop atau soto di beberapa daerah, misalnya soto padang dan soto kudus.

Nah, itulah tadi beberapa aneka resep olahan kentang favorit yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Aneka resep olahan kentang ini dapat anda jadikan alternatif menu pengganti nasi yang enak. Terimakasih semoga bermanfaat dan menginspirasi anda. Happy Cooking! (*)

Loading...

TerPopuler