Handphone yang IMEInya Illegal Bakal diblokir, Segera Cek IMEI HP Kalian
loading...

Handphone yang IMEInya Illegal Bakal diblokir, Segera Cek IMEI HP Kalian

Sunday, May 10, 2020,
Banner Header
Sriwijaya Aktual - Rencana ngeblokir-blokirin HP ilegal atau blackmarket atau HP yang IMEI-nya tidak terdaftar sudah bukan wacana lagi menurut ElliotMayot. Karena rencana yang berasal dari KemenKominfo ini sudah mendapat dukungan dari KemenPerin. Jadi bagi kalian yang masih bingung atau belum tahu, apakah HP kalian IMEI nya sudah terdafatar apa belum? nanti ElliotMayot akan berikan cara untuk mengecek IMEI nya tapi sebelum itu, mari kita bahas masalah sistem blockirnya terlebih dahulu.

Handphone yang IMEInya Illegal Bakal diblokir, Segera Cek IMEI HP Kalian



Handphone yang IMEInya Illegal Bakal diblokir, Segera Cek IMEI HP Kalian

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Smartphone, Trik dan Tips seputar teknologi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.


Rencana ngeblokir HP yang IMEInya tidak terdaftar akan diberlakukan mulai bulan Agustus tahun 2019 ini. Jadi segeralah cek IMEI kalian nanti apakah sudah terdaftar secara resmi apa belum? karena jika belum maka HP anda akan kena blokir. Blokir disini bukan nanti HPnya ngga bisa digunain sama sekali yah, tetapi hanya jaringan (sinyal) di HP kalian akan menghilang atau dihilangkan, karena IMEI itu menempel di setiap Slot SIM HP.


Jadi gini sistemnya, jika HP kalian sudah terkoneksi ke jaringan operator, maka si operator bakal secara otomatis ngecek, apakah IMEI kalian sudah kedaftar atau belum. Kalau kedaftar, HP kalian bakal dikasih sinyal, dan kalau ngga kedaftar HP kalian ngga bakal dapat sinyal, jadi begitu. Tetapi jika nantinya HP yang sudah diblokir ternyata fitur wifi-nya masih bisa digunakan, berarti blokirnya jadi percuma deh, ya kalian nanti tinggal pakai wifi aja ya cuy.


Bagi kalian yang membeli HP di toko-toko HP resmi di Indonesia, kayaknya sudah pasti IMEInya terdaftar sih. Tapi bagi kalian yang membeli HP di luar negeri atau HP yang garansinya distributor atau HP kw, masih aman juga sih karena HP-HP yang IMEInya belum terdaftar sebelum peraturanya dikeluarin, bakal dikasih semacam pemutihan atau pengampunan deh. Namun proses pemutihan itu sendiri belum diberi tahu oleh KemenPerin secara resmi.


Sekarang mari kita cek IMEI HPnya. Yang pertama kalian lakukan adalah melihat IMEI HP kalian dengan cara berikut. Yaitu dengan melihat IMEI yang tertera di bagian luar dusbook HP. Biasa terletak di bagian belakang. Jika HP kalian Dual-Sim berati seharusnya ada dua IMEI yang tertera.


Jika dusbook hilang bagaimana? Atau jika di dusbook ternyata tidak ada IMEInya gimana? Jawabanya gampang, yang kalian harus lakukan adalah dengan membuka aplikasi Telepon/Phone di HP kalian. Setelah itu masukan *#06#, setelah itu IMEI kalian akan muncul sendiri.


Setelah kalian mengetahui IMEInya, sekarang kita lanjut ke pengecek IMEI. Cara adalah yang pertama kalian buka situs resmi milik KemenPerin http://www.kemenperin.go.id/imei/ Selanjutnya kalian masukan IMEI HPnya di situs tersebut dan mengecek statusnya, apakah terdaftar atau belum. Sayang pada saat artikel ini dibuat, situs dalam perbaikan agar pelayanannya menjadi lebih baik dari sebelumnya, jadi ElliotMayot tidak bisa memberi contohnya.


Bagi kalian yang nanti ternyata IMEInya ngga kedaftar jangan khawatir karena ngga mungkin pemerintah tidak memberi keringan pada masyarakat. Lagian kan setiap peraturan itu berlaku pada sesuatu yang ada setelah peraturan diresmikan. Jadi santai aja jangan terlalu memikirkanya. (*)

Loading...

TerPopuler

loading...